Tips Memilih Mesin Kopi Espresso sesuai dengan Budget dan Kegunaan

Zhinkadiary.com – Ada pemeo yang menyatakan bahwa meski mesin kopi espresso harganya cukup mahal, maka hal tersebut akan terbayar pada bulan-bulan berikutnya. Ya, apalagi kalau bukan penggemar kopi espresso yang akan terpuaskan dengan citarasa kopi terbaik di kafe atau kedai kopi milik Anda. Dan mereka akan kembali ke kedai Anda untuk menikmati secangkir espresso.

Kopi espresso dimulai dengan biji kopi yang berkualitas dan diseduh melalui proses yang menghasilkan intensitas rasa yang lebih baik daripada secangkir kopi pada umumnya. Kopi espresso berkualitas tinggi dilengkapi dengan lapisan busa lezat di atasnya yang disebut dengan “crema” dan dapat diminum atau dicampur bahan lain.

Sambil menyelam, minum air. Nyatanya ada banyak minuman populer yang dapat dibuat dengan mesin kopi espresso. Karena itu, jika Anda memiliki mesin espresso, salah satu dari jenis kopi ini dapat dibuat dengan harga yang jauh lebih murah. Di antaranya:

  • Espresso shot (double shot): Pecinta espresso banyak juga yang meminumnya dalam keadaan yang natural. Cairan minuman ini menyerupai versi kopi hitam yang sedikit lebih gelap.
  • Macchiato: Minuman dengan tambahan sedikit susu di atasnya yang dapat menambah busa ekstra dan meredam rasa yang kuat.
  • Cappuccino: Seperti macchiato, tetapi dengan tambahan susu ekstra. Cappucino adalah salah satu cara paling populer untuk meminum espresso.
  • Latte: Minuman ini lebih mirip dengan cappucino, tetapi dengan susu lebih banyak dan lapisan busa tipis.
  • Mocha: Seperti cappucino, mocha ditambah cokelat.

Setelah mengetahui beberapa jenis kopi di atas yang dapat dibuat dengan mesin espresso, Anda perlu tahu model-model mesin kopi espresso seperti yang dirangkum Zhinkadiary.com berikut ini.

Source: Pexels/Pixabay

1. Mesin espresso super automatic

Mesin kopi ini adalah pembuat espresso super otomatis yang sangat mudah Anda gunakan. Proses pembuatan kopi espresso ini semudah Anda menggunakan bubuk kopi dengan hanya menekan tombol. Cepat, sederhana, dan mudah dibersihkan.

Keuntungan mesin kopi super automatic

  • Mesin kopi ini termasuk yang paling mudah digunakan
  • Memiliki fitur khusus, seperti penggiling dan setting yang telah diprogram
  • Memiliki sistem all-in-one dengan banyak fitur khusus bawaan

Yang perlu diperhatikan

  • Mesin kopi ini mengontrol dan melakukan semua pekerjaan Anda dalam membuat kopi
  • Harganya cenderung lebih mahal daripada jenis mesin espresso lainnya meskipun ada beberapa model yang lebih kecil

2. Mesin espresso fully-automatic

Selain tambahan pompa elektronik, mesin kopi espresso fully automatic juga mengotomatiskan kuantitas air dalam proses pembuatan espresso. Mesin kopi jenis ini lebih mudah digunakan daripada model semi-automatic.

Baca juga: Tips dan Cara Mendirikan Usaha Kedai Kopi

Keuntungan mesin kopi fully-automatic

  • Tipe ini sangat mudah digunakan
  • Anda dapat menemukan beragam model pada tipe mesin kopi ini

Yang perlu diperhatikan

  • Mesin kopi ini lebih rentan rusak karena lebih banyak perangkat elektroniknya
  • Beberapa model harganya sangat mahal
  • Anda memiliki sedikit kendali atas rasa tertentu dari kopi espresso

3. Mesin espresso semi-automatic

Mesin kopi semiotomatis ini memiliki pompa listrik sehingga lebih mudah digunakan daripada mesin kopi manual. Mesin kopi ini memiliki beberapa kontrol yang disukai pengguna mesin manual (meski tak terlalu banyak) dan kemudahan penggunaan di berbagai jenis otomatis. Jenis mesin kopi ini adalah yang paling populer di pasaran saat ini.

Harga mesin kopi ini jauh lebih murah. Namun banyak juga model semiotomatis yang lebih bagus dengan harga yang cukup mahal di pasaran.

Keuntungan mesin kopi semi-automatic

  • Mesin kopi ini lebih mudah digunakan daripada model mesin manual
  • Anda memiliki tingkat kendali yang tinggi pada model ini
  • Anda dapat membuat espresso berkualitas tinggi dan lezat

Yang perlu Anda perhatikan

  • Beberapa model mesin kopi ini harganya bisa sangat mahal
  • Pembuatan espresso tidak mudah digunakan seperti jenis mesin kopi otomatis lainnya

4. Mesin espresso manual

Mesin kopi espresso manual diperuntukkan bagi mereka yang menyukai tantangan dan memainkan citarasa kopi espresso. Mesin manual ini dapat membuahkan hasil yang memuaskan karena memungkinkan Anda mengontrol setiap bagian dari proses pembuatan kopi espresso.

Namun bagi pemula, model mesin kopi memerlukan latihan dalam mempelajarinya dan kesabaran untuk menciptakan rasa kopi yang diinginkan. Mesin kopi ini memiliki harga yang mahal. Namun bagi mereka yang ingin menghasilkan secangkir kopi espresso yang enak dan sejati lebih memilih model mesin kopi ini.

Baca juga: Tips Memulai Usaha Kedai Kopi Murah dengan Modal Kecil

Keuntungan mesin espresso manual

  • Mesin kopi espresso ini menghasilkan citarasa espresso yang berkualitas tinggi dan memiliki rasa yang enak
  • Anda memiliki kendali yang penuh dalam proses pembuatan kopi
  • Model mesin kopi ini lebih menarik bagi Anda yang menyukai pekerjaan lebih dalam membuat kopi

Yang perlu diperhatikan

  • Model mesin kopi ini cenderung mahal harganya
  • Lebih sulit digunakan
  • Hanya direkomendasikan untuk barista dan penikmat kopi yang berpengalaman

Memilih mesin kopi espresso untuk kafe

Mesin kopi espresso menawarkan berbagai jenis kontrol seperti yang sudah dijelaskan pada bagian sebelumnya. Ada banyak faktor yang mempengaruhi rasa, aroma, dan kualitasnya: ukuran gilingan, suhu, tekanan, waktu ekstraksi, dan banyak lagi. Bahkan beberapa model mesin kopi memungkinkan penyesuaian yang baik pada elemen-elemen tersebut sehingga Anda dapat menghasilkan citarasa yang khas.

Sebenarnya mesin kopi espresso dapat mengurangi atau meminimalkan kesalahan Anda dapat membuat kopi. Namun barista yang baik tetap lebih penting dalam menghasilkan espresso yang berkualitas. Beberapa model mesin kopi mempunyai penampilan layar sentuh untuk mengontrol fungsi dengan mudah. Tapi jika mesin rusak, apakah barista atau Anda dapat menggunakan mesin dengan mengontrol secara manual?

Dalam hal ini, Anda perlu mempertimbangkan cara kerja mesin kopi saat menyiapkan banyak minuman sekaligus di kafe jika pesanan banyak dalam satu waktu. Untuk itu, pertimbangan harga mesin, pengalaman barista, dan kualitas rasa kopi yang dihasilkan harus Anda pikirkan masak-masak jika ingin membeli mesin kopi espresso. Berbeda halnya, jika Anda ingin membeli mesin kopi espresso hanya untuk pemakaian pribadi, bukan dalam bisnis kopi di kafe. Semoga membantu!

Leave a Comment