8 Rekomendasi Makanan Khas Amerika Selatan yang Lezat

Apakah Anda akan berkunjung ke Amerika Selatan? Sudah tahu makanan khas Amerika Selatan yang wajib Anda coba selagi berada di sana?

Pada dasarnya, Amerika Selatan akan memberikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan bagi para pengunjung. Anda akan menyukai makan malam sambil duduk santai atau camilan saat bepergian yang bisa dibeli di kaki lima.

Bahkan di negara mana pun di Amerika Selatan akan memberikan jaminan kepuasan untuk memenuhi hasrat berkuliner! Berikut ini Zhinkadiary.com sajikan kuliner khas Amerika Selatan yang tentu harus Anda coba!

Rekomendasi Makanan Khas Amerika Selatan yang Lezat
Source: Deutsch_LionHeart/Pixabay

1. Pastel unik asal Brasil

Pernah coba pastel dari Brasil? Ukuran pastelnya lebih tipis dari empanada. Seperti yang kita ketahui bahwa pastel merupakan kue renyah yang diisi dengan berbagai macam bahan. Isi pastel Brasil yang populer adalah pai goreng, keju leleh, daging giling, dan udang kecil.
 
Pastel yang kita kenal memang jenis makanan yang gurih, tetapi pastel Brasil ada juga yang rasanya manis karena diisi dengan selai guava atau cokelat.
 

2. Koktail pisco sour dari Chili/Peru

Pisco sour merupakan koktail yang populer di seluruh Amerika Selatan. Meski demikian, minuman ini adalah minuman nasional dari Chili dan Peru. Koktail ini dibuat dengan pisco, yakni brendi yang diproduksi di Chili dan Peru, kemudian dicampur dengan putih telur, Angostura, jus jeruk nipis, sirup, dan es.

Variasi pisco sour dikombinasikan dengan berbagai jus buah yang mencitrakan sensasi rasa yang unik. Banyak orang yang memercayai bahwa koktail ini adalah minuman yang sempurna untuk mendampingi ceviche: makanan laut yang menggunakan ikan segar yang direndam dan dimasak dalam air jeruk nipis.
 

3. Makanan seafood ceviche asal Peru

Ceviche merupakan kuliner seafood yang sangat populer di Peru. Namun hingga kini telah tersebar di seluruh wilayah pesisir Amerika Selatan dan Tengah. Ceviche adalah makanan laut segar dan mentah (biasanya sejenis ikan putih) yang diawetkan dengan jus jeruk (seperti lemon, nipis, atau jeruk seville) dan kemudian dibubuhi dengan cabai serta dihiasi bawang dan ketumbar. Jika Anda menyukai sashimi, maka akan menyukai makanan yang satu ini.
 

4. Sandwich arepas dari Venezuela

Arepas adalah sandwich roti pipih yang terbuat dari adonan jagung giling atau tepung yang dimasak. Isi arepas bisa apa saja, mulai dari keju, daging, hingga telur. Setiap tempat yang menjajakan arepas akan berbeda dalam isiannya sehingga lokasi yang berbeda bisa berbeda pula dalam variasi.

 
 
Biasanya arepas yang dijadikan menu makanan sehat dikonsumsi sebagai hidangan utama. Sedang arepas yang ukurannya lebih kecil atau tidak terlalu rumit dijadikan sebagai camilan.
 

5. Truffle cokelat bridageiros dari Brasil

Brigadeiro merupakan truffle cokelat yang berasal dari Brasil. Truffle cokelat ini yang lezat ini terbuat dari susu kental manis, cokelat bubuk, dan mentega, yang dilapisi taburan cokelat. Penggemar cokelat wajib banget mencoba kuliner yang satu ini!

6. Chorizo yang lezat dari Argentina

Di Argentina kita akan menjumpai chorizo yang merupakan daging paling lezat di negara tersebut. Anda dapat menemukan sosis ini dalam menu di hampir semua restoran Argentina. Anda akan mudah tergoda dengan aroma asapnya sehingga membuat Anda mampir sejenak untuk mencicipi kelezatannya.

Hingga saat ini, chorizo telah tersebar ke seluruh dunia. Namun jangan pernah lewatkan kesempatan untuk mencobanya di negara asalnya!
 

7. Pisang goreng platanos fritos

Camilan ini terbuat dari pisang raja atau platanos fritos yang merupakan makanan khas Amerika Selatan yang bisa dibilang sudah klasik. Jika mencobanya, Anda akan merasakan tekstur lembut yang melelh di mulut dan serpihan gosong yang juga menggoda selera. Camilan lezat ini dapat ditemukan dengan mudah di seluruh Amerika Selatan.

8. Makanan penutup dulce de leche

Dulce de leche adalah kuliner yang manis rasanya dan penganan populer yang dijadikan makana penutup di Amerika Selatan. Kuliner ini dibuat dari karamel susu mendidih dan terkadang dengan vanili dan bisa disajikan dengan donat dan muffin atau roti panggang.

Di Amerika Selatan mana pun Anda tidak akan sulit menemukan dulce de leche. Banyak turis yang sudah mencoba kuliner ini dan semenjak kali pertamanya mencobanya langsung jatuh hati dengan rasanya. Maka tak lengkap jika berlibur ke Amerika Selatan tanpa membawa oleh-oleh dulce de leche!

Demikianlah delapan jenis makanan khas Amerika Selatan yang enak dan lezat. Anda bisa menyimpan daftar kuliner asli Amerika Selatan ini dan jadikan kunjungan Anda lebih menyenangkan dengan sensasi kuliner yang luar biasa!

Leave a Comment