5 Rekomendasi Camilan Rendah Kalori yang Enak dan Cocok untuk Diet

Zhinkadiary.com – Hobi mengonsumsi camilan terkadang membuat kita lupa diri dan lupa bahwa jumlah kalori melebihi kapasitas kebutuhan harian. Karena itu, jika Anda tidak pilih camilan yang tepat justru akan menyebabkan berat badan Anda bertambah naik signifikan.

Sebaliknya, jika kita memilih camilan yang tepat akan membantu menurunkan berat badan dan program diet pun dapat berhasil. Faktanya, memang jika kita ngemil makanan bergizi yang tinggi serat dan protein akan membuat perut lebih tahan kenyang dan dapat menurunkan angka kalori yang dikonsumsi per hari.

Hari ini, tentu kita sangat terbantu dengan banyak pilihan camilan rendah kalori yang rasanya enak dan mampu mengenyangkan perut kita. Dengan demikian, tujuan diet dan kesehatan Anda pun menjadi selaras. Berikut ini Zhinkadiary.com rangkum berbagai jenis camilan enak yang rendah kalori.

camilan rendah kalori
Sumber: stevepb/Pixabay

1. Kombinasi pisang dan selai almond

Anda suka buah pisang? Nah, makanan ini tepat sekali menjadi pilihan camilan yang sehat dan rendah kalori. Rasa pisang yang manis yang dipadukan dengan selai almond (juga bisa diganti kacang tanah atau selai mete) akan menciptakan citarasa yang luar biasa enak.

Kombinasi kedua camilan ini akan membuat perut Anda tahan lama kenyang karena protein dan serat yang tinggi. Satu buah pisang dengan dua sendok makan selai almond (atau kira-kira 32 gram) hanya mengandung sekitar 280 kalori.

2. Telur rebus

Telur tidak hanya dimanfaatkan sebagai bahan campuran kue atau lauk pauk. Tapi juga dapat menjadi camilan yang menyehatkan. Telur rebus termasuk “multivitamin alami”. Dalam satu buah telur mengandung 78 kalori yang terdiri dari Vitamin A, Vitamin B12, fosfor, selenium, lemak sehat, dan 6 gram protein inti.

Karena itu, telur resebut disebut sebagai camilan portabel dan cocok dikombinasikan dengan berbagai jenis makanan sehat lainnya, seperti buah-buahan, keju, sayur mayur, dan kacang-kacangan. Lagi pula, telur paling mudah Anda temukan.

3. Kombinasi sayuran dan hummus

Sayuran adalah camilan terbaik bagi manusia dan bermanfaat bagi kesehatan karena dapat mengurangi risiko penyakit kronis, seperti jantung. Tapi ada juga beberapa orang yang tak menyukai sayuran. Atau kalaupun suka, tidak sekedar sayuran saja.

Nah, sebenarnya Anda dapat memadukan bahan lain agar menambah citarasa pada sayuran. Salah satunya adalah dengan sumber protein seperti hummus. Hummus adalah saus cocol seperti bubur yang terbuat dari kacang arab, buncis, minyak zaitun, garam, bawang putih, dan jus lemon.

Anda dapat memilih sayuran rendah kalori dengan serat tinggi seprti lobak, brokoli, seledri, atau paprika dengan hummus sehingga rasanya enak dan perut Anda akan lebih tahan kenyang tanpa perlu kalori tambahan.

4. Kombinasi buah apel dengan selai kacang

Buah lainnya yang dapat menjadi pilihan terbaik sebagai camilan rendah kalori adalah apel. Agar tak bosan mengonsumsi buah apel saja, Anda dapat menambahkan selai kacang agar rasanya lebih enak, gurih, dan tentunya mengenyangkan.

Selai kacang mengandung protein tinggi yang terdiri dari tiga makronutrien, seperti lemak, karbohidrat, dan protein. Dari beberapa penelitian menyimpulkan bahwa tambahan selai kacang pada makanan dapat mengurangi rasa lapar serta dapat menjaga berat badan ideal Anda.

5. Kombinasi yoghurt yunani dan buah beri

Pernah mengonsumsi yoghurt yunani? Yoghurt ini berbeda dari yang biasanya ada di pasaran karena lebih kaya akan krim dan kental, sedikit gula, serta lebih banyak mengandung karbohidrat. Soal rasa cenderung asam. Nah, tapi keasaman yoghurt yunani ini justru membuat tubuh kita lebih mudah menyerap nutrisi lain.

Campuran yang enak untuk yoghurt yunani adalah buah beri. Buah beri adalah buah yang kaya dengan serat, memiliki antioksidan penangkal penyakit, dan membantu mencega kerusakan sel tubuh Anda. Anda dapat mengonsumsi buah beri yang dicampur yoghurt yunani. Tentu, rasanya lezat. Anda akan dijauhkan dari lapar sekaligus camilan ini menyehatkan tubuh.

Demikian informasi tentang camilan rendah kalori yang dapat menjadi pilihan Anda untuk hidup lebih sehat dan menjaga berat badan. Semoga membantu!

Leave a Comment