Berjualan Makanan yang Laris di Kampung Apa Saja? Yuk Cari Tahu

Zhinkadiary.com – Kampung halaman adalah tempat yang selalu dirindukan orang-orang yang merantau. Kerinduan itu bisa berupa berjumpa dengan kehidupan di desa. Sesuatu yang tidak bisa kita lupakan adalah makanan khas kampung. Tapi jika Anda justru ingin berbisnis dengan menjual makanan di kampung, maka Anda berada di blog yang tepat.

Berjualan makanan yang laris manis di kampung merupakan celah bisnis yang bisa Anda coba. Jika Anda tinggal di kampung dan ingin mendapatkan penghasilan tambahan, maka Anda bisa memulai bisnis jualan makanan. Mungkin jika Anda belum pernah mencoba, lebih baik cari informasi sebanyak-banyaknya soal jenis makanan yang akan dijual.

Berikut ini Zhinkadiary.com rangkum aneka jenis makanan di kampung yang hingga saat ini masih laris dan ditemui di mana-mana.

Sumber: rikirisnandar/Pixabay

Aneka kue jajanan pasar

Jajanan dibedakan menjadi dua jenis, yakni jajanan pasar dan jajanan modern. Perbedaan yang paling mencolok adalah dari segi packaging dan variasi rasa. Tapi sebenarnya jajanan tetap memiliki peminat, baik orang desa maupun orang kota.

Jika di kampung masih terdapat pasar yang menjual aneka jajanan artinya jajanan pasar masih eksis. Pasalnya jajanan tradisional ini telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat desa. Apalagi di dalam prosesi-prosesi tertentu, makanan yang disajikan di meja adalah jajanan pasar.

Beberapa contoh jajanan pasar yang laris di kampung adalah klepon, onde-onde, lemper, nagasari, kue cucur, cenil, kue lupis, ketan, serabi, pecel, kue putu, lumpia, getuk lindri, lapis legit, kue mangkok, kue lapis, apem, dan masih banyak yang lainnya. Di setiap daerah Indonesia memiliki jajanan pasar yang berbeda-beda.

Tips menjual jajanan pasar

Hal paling penting yang harus Anda perhatikan adalah lokasi strategis untuk berjualan jajanan pasar. Umumnya jajanan pasar dijual di pasar, tetapi Anda bisa mencari lokasi yang ramai oleh lalu lalang orang.

Selain lokasi strategis, Anda juga bisa menjual jajanan pasar saat ada pasar kaget. Cara lainnya adalah dengan menitipkan ke warung, kios, atau toko.

Meskipun jajanan pasar adalah makanan tradisional, bukan berati bahan baku yang digunakan bukan yang bagus. Justru Anda harus memberikan rasa yang terbaik dengan kualitas bahan bakunya.

Baca juga: Bisnis Kuliner yang Menguntungkan dengan Omzet Puluhan hingga Ratusan Juta

Aneka jajanan ringan

Jajanan ringan bisa disebut juga camilan atau snack. Jenis makanan ringan ini biasanya dikonsumsi di antara waktu makan utama. Jajanan ringan disukai kalangan anak-anak hingga orang dewasa.

Kebiasaan masyarakat Indonesia adalah ngemil, baik orang kota maupun orang desa. Karena itu, potensi jualan jajanan ringan terbuka lebar di pasaran. Hingga kini, banyak industri camilan yang memproduksi berbagai jenis dan varian camilan. Produk jajanan ringan yang ada di pasaran umumnya berbahan dasar tepung terigu, tepung beras, cokelat, tepung kedelai, buah, dan kacang-kacangan.

Beberapa jenis jajanan ringan yang bisa Anda jual di kampung antara lain aneka keripik, roti bakar, bakpau, bakso goreng, mie lidi, stik talas, stik keju, pisang sale, kerupuk seblak, basreng, tahu kremes, sempol ayam, aneka kue basah, dan masih banyak lagi.

Tips menjual jajanan ringan

Menjual jajanan ringan harus menentukan dulu segmen pasar untuk produk Anda. Setelah itu, apakah harga produk Anda sudah cocok untuk segmen yang Anda tuju? Jangan sampai harga produk Anda lebih mahal untuk jenis produk yang serupa di pasaran.

Jika produk makanan ringan Anda adalah buatan sendiri, maka perlu melakukan testing produk. Caranya dengan memberikan gratis kepada orang terdekat Anda. Setelah dirasa produk Anda tidak mengecewakan, segera jual produk ke pasar.

Cara paling mudah menjual ke pasar tanpa modal adalah menjajakannya di marketplace. Meski saat ini persaingan sangat ketat, Anda dapat mencobanya terlebih dahulu. Apalagi produk Anda adalah homemade, yang memiliki nilai lebih ketimbang hanya produk serupa dengan reseller lain.

Aneka jajanan kekinian

Jajanan kekinian adalah produk yang makanan yang tengah viral atau populer. Biasanya produk jajanan kekinian merupakan pengembangan dari produk yang sudah ada sebelumnya. Modifikasi pada jajanan kekinian inilah yang membuat jajanan kekinian dicari dan digemari mayarakat.

Contoh jajanan kekinian minuman adalah boba. Siapa yang tidak tahu boba. Dari segala usia, boba termasuk digemari masyarakat. Mereka menyukai boba karena banyak varian rasa yang dari waktu ke waktu selalu diperbarui.

Selain boba, juga ada rasa minuman kopi kekinian, seperti Kopi Kenangan. Anak-anak muda menggemari kopi tersebut karena rasanya yang lezat. Di samping rasa yang enak, harga yang dibanderol juga termasuk murah di kantong.

Contoh jajanan kekinian makanan adalah sosis telur dadar, sate bakso, donat indomie, telur geprek pedas, tahu walik, lumpia mayonaise, sate donat, pancake cokelat, martabak mini, dadar gulung, banana nugget, rujak cireng, kebab goreng, dan masih banyak lainnya lagi.

Baca juga: Ciri-Ciri Peluang Usaha yang Baik dan Berpotensi Sukses

Tips menjual jajanan kekinian

Sebenarnya cara menjual jajanan ringan dan tradisional yang sebelumnya sudah dibahas tidak jauh berbeda dengan menjual jajanan kekinian. Paling tidak, jajanan kekinian memang lebih banyak populer karena media sosial, seperti Instagram. Maka, Anda juga harus memiliki akun media sosial yang memajang produk jajanan kekinian Anda.

Keuntungan memajang produk jajanan Anda adalah apabila menjadi viral, produk Anda akan dibicarakan oleh netizen dan diburu oleh penggemar kuliner. Alhasil, tidak hanya dagangan Anda laris, tetapi juga nama merek Anda semakin banyak dikenal orang-orang. Apalagi dengan sukarela mereka akan menampilkan produk Anda dan nge-tag akun Instagram Anda.

Jadi sekalipun Anda berjualan di kampung, pengguna media sosial di sana sekarang ini juga sudah banyak dan populer. Jadi yuk jadikan kesempatan ini untuk mempromosikan produk jajanan Anda,

Demikian contoh dan jenis makanan yang bisa dijual di kampung dan semoga laris manis sehingga mendatangkan rezeki berlimpah bagi Anda. Semoga membantu!

Leave a Comment