Gilingan Daging Manual: Cara Menggunakan, Memasang, dan Cara Kerjanya

Zhinkadiary.com – Memotong atau mencincang daging secara manual memang membutuhkan kesabaran dan terkadang menyulitkan. Mulai sekarang Anda dapat mengandalkan alat penggiling daging (meat grinder) manual untuk membantu mempercepat pekerjaan di dapur. Alat gilingan ini memang sering digunakan para koki atau pengusaha makanan olahan daging. Tapi tak ada salahnya juga ibu rumah tangga memiliki gilingan daging.

Dengan adanya gilingan daging, maka semua pekerjaan yang berurusan dengan cincang-mencincang dan menghaluskan daging jadi lebih dimudahkan. Di pasaran banyak diperjualbelikan mesin gilingan daging. Tapi sebenarnya tidak hanya sekedar bisa menggiling saja, karena Anda juga harus memperhatikan kualitas dari mesin penggiling tersebut.

Sekarang ini, di pasaran terdapat gilingan daging manual yang tidak selalu terbuat dari metal, melainkan dari plastik berbahan fiber food grade. Kelebihannya adalah tidak mudah berkarat sebagaimana metal dan tak menggunakan daya listrik. Berikut ini Zhinkadiary.com akan menjelaskan mengenai cara menggunakan, cara memasang, dan cara kerja gilingan manual untuk Anda.

Sumber: Mesinindo

Cara menggunakan gilingan daging manual

Cara menggunakan gilingan daging manual sangat mudah. Anda hanya perlu memasukkan daging ke dalam ujung laras yang terdapat sistem pemotong pisau berbentuk bintang yang bergerak memutar. Anda dapat langsung memasukkan daging dengan cara mendorong ke sistem pemotong dan putar engkol pegangan pada gilingan tersebut. Putar engkol hingga daging keluar melalui lubang-lubang kecil.

Tapi sebelum menghaluskan daging secara langsung, Anda dapat merendam daging terlebih dahulu untuk menghasilkan daging gilingan yang lebih lembut. Kemudian, pilihan daging dengan kualitas terbaik juga berpengaruh terhadap hasil gilingan. Jadi pilihlah daging yang masih segar dan buang selaput lemak pada daging tersebut sebelum digiling.

Cara memasang gilingan daging manual

(Bagian depan) Masukkan pulir ke dalam bagian mesin dan masukkan pisau dengan posisi yang tepat/jangan terbalik. Lalu masukkan piringan berbentuk lubang-lubang kecil tempat keluar gilingan daging. Kemudian ditutup dengan pengunci, putar hingga terkunci rapat.

(Bagian belakang) Masukkan bearing ke bagian belakang. Bearing berfungi untuk dikombinasikan dengan mesin penggerak atau dinamo. Terakhir, masukkan engkol untuk memutar ketika menghaluskan daging.

Cara kerja gilingan daging manual adalah dengan proses penekanan (press) daging yang ditekan dan dimasukkan ke bagian ulir dan dihaluskan kemudian keluar melalui lubang saringan. Atau daging dimasukkan ke sistem pemotong pisau, lalu engkol diputar hingga daging berwujud halus dan ditampung di bak penampung.

Cara kerja gilingan daging manual

Untuk mempercepat proses penghalusan daging, daging harus ditekan-tekan ke penggiling daging. Daging yang masuk ke sistem pemotong akan digiling dan dicincang oleh putaran pisau yang ada di bagian ujung mesin.

Pisau yang berbentuk bintang ini akan menghancurkan dan mencincang daging menjadi lebih halus, terutama bagian serat-seratnya. Ukuran kilogram daging dapat disesuaikan dengan model penggiling daging. Ada yang 5 kilogram atau di bawah itu.

Mesin gilingan ini tentunya sangat berguna bagi pengusaha makanan yang memproduksi daging halus, bakso, sosis, dan olahan daging lainnya. Demikian informasi yang bisa kami sampaikan, semoga membantu!

Leave a Comment