Contoh Bisnis Plan Makanan: Tahu Crispy Empat Rasa Saus

Zhinkadiary.com – Contoh bisnis plan makanan kali ini akan mengulas kuliner tahu crispy empat saus. Sumber yang digunakan dikutip dari Susi Andriani (STIE MDP) dengan beberapa pengubahan. Apakah Anda sedang mencari contoh bisnis plan makanan? Anda berada di tempat yang tepat. Silakan simak bisnis plan dari Zhinkadiary.com ini selengkapnya.

Ringkasan Eksekutif: Tahu crispy adalah salah satu kuliner makanan ringan populer Indonesia yang digemari masyarakat Indonesia. Menu Tahu Crispy Empat Rasa Saus memiliki varian empat saus, yakni saus kalimantan, saus padang, saus manado, dan saus medan. Keunikan tahu crispy ini karena berisi wortel, keju, sosis, daging, dan empat jenis saus. Mengenai harga sesuai dengan kantong mahasiswa dan tiap konsumen bebas memilih paket Tahu Crispy Empat Rasa Saus.

Angka penjualan Tahu Crispy Empat Rasa Saus ini terus meningkat setiap bulan. Bahkan ada beberapa mahasiswa yang mengajukan diri menjadi reseller Tahu Crispy Empat Rasa Saus. Peluang bisnis Tahu Crispy Empat Rasa Saus ini masih terbuka lebar lantaran kompetitornya masih sedikit. Selain itu, peluang ini juga tak hanya terbuka di Ciputat saja, melainkan juga luar Ciputat, Tangerang Selatan.

Kuliner Tahu Crispy Empat Rasa Saus ini memiliki segmen pasar yang luas. Namun target penjualan produk ini terutama para mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah dengan ekspektasi kisaran 5-10% dari mahasiswa UIN per hari.

Kata kunci: usaha tahu crispy empat rasa saus

dok Istimewa

1. Pendahuluan

1.1 Sejarah berdirinya usaha

Kota Tangerang Selatan sedang menggeliat pada sektor bisnis kuliner. Melihat perkembangan tersebut, kami mulai mencoba membuka usaha bisnis tahu crispy berbahan baku tahu. Di bidang bisnis tahu crispy ini, kompetitor belum sebanyak bisnis makanan ringan lainnya. Oleh karena itu, kami memutuskan membuat produk tahu crispy karena terlihat animo yang tinggi pada masyarakat terhadap makanan ringan. Kalangan penikmat makanan ringan tak hanya mahasiswa, tetapi juga dari berbagai usia dan kalangan ekonomi atas, menengah, atau bawah. Karena berbahan baku tahu, umumnya masyarakat mengenali tahu sebagai makanan yang menyehatkan karena mengandung sejumlah vitamin yang penting bagi tubuh manusia.

1.2 Visi, misi, dan tujuan

a. Visi:

Menjadikan Tahu Crispy Empat Rasa Saus ini sebagai kuliner populer di Ciputat, Tangerang Selatan.

b. Misi:

  • Memberikan kepuasan yang terbaik kepada konsumen dan inovasi yang mengikuti selera pasar
  • Membuat cabang baru Tahu Crispy Empat Rasa Saus
  • Melakukan promosi, baik online maupun offline

b. Tujuan:

  • Menjadikan konsumen sebagai pelanggan tetap
  • Melakukan kreasi dan inovasi dalam soal rasa, bentuk, dan mutunya
  • Melakukan pelatihan kepada karyawan agar menghasilkan produk yang bermutu tinggi

2. Gambaran usaha

Tahu Crispy Empat Rasa Saus diproduksi secara manual dengan cara meracik bumbu dan isi tahu yang dicampur dengan resep yang sudah jadi lalu dimasukkan ke tepung crispy yang terlebih dahulu diencerkan dengan air. Kemudian, tahu digoreng hingga kering dan ditiriskan. Setelah tiris, tahu lalu disortir dan dikemas berdasarkan jenis rasa.

Ada empat varian saus yang digunakan, yakni medan, kalimantan, padang, dan manado. Dari keempat jenis saus ini, yang paling populer adalah saus kalimantan. Pembeli menggemari tahu crispy empat rasa saus ini karena terdapat rasa khas asam yang segar dipadukan rasa gurih tahu crispy yang tercampur rasa pedas. Dari segi nama pun “tahu crispy empat rasa” menonjolkan varian rasa sehingga membuat calon pembeli jadi penasaran ingin mencobanya.

Baca juga: Bisnis Kuliner Anak Muda yang Bisa Anda Coba

3. Aspek pemasaran

3.1 Segmen Pasar, Target Pasar, dan Positioning

  1. Segmen Pasar

a. Segmentasi geografis

Usaha makanan ringan tahu crispy ini difokuskan di kawasan Kecamatan Ciputat dan sekitarnya.

b. Segmentasi demografis

Pangsa pasar tahu crispy ini menyasar usia remaja hingga dewasa, yakni 15 – 45 tahun. Pada usia produktif tersebut, baik laki-laki maupun wanita menyukai jenis makanan ringan.

c. Segmentasi psikografi

Konsumen remaja dan dewasa umumnya mempunyai hobi mengonsumi makanan pedas. Karena itu, usaha kami menonjolkan rasa pedas dari saus empat rasa. Kami juga membuat saus berdasarkan dari selera pedas lidah konsumen.

  1. Targeting

Pangsa pasar Tahu Crispy Empat Rasa Saus adalah semua orang yang beraktivitas atau melakukan mobilisasi di lokasi penjualan. Terutama kalangan mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah yang menjadi sasaran pasar utama.

  1. Positioning

Kelebihan sauah Tahu Crispy Empat Rasa Saus ini terutama pada olahan empat sausnya. Berdasarkan survei di lapangan, bisnis serupa ini belum ada di Kecamatan Ciputat. Dengan begitu, bisnis tahu crispy ini cukup menarik bagi konsumen yang menyukai rasa pedas serta olahan tahu yang berbeda dari yang lain. Tahu crispy ini juga memiliki layanan antar yang terbatas pada wilayah sekitar Ciputat.

3.2 Perkiraan Permintaan dan Penawaran

3.2.1 Permintaan

Berdasarkan perhitungan, rata-rata sekitar 5% dari jumlah mahasiswa UIN tertarik untuk membeli produk tahu crispy. Tiap-tiap pembeli paling minimal membeli satu dus (berisi lima buah). Maka per hari dibutuhkan setidaknya 150 dus (250 buah).

3.3 Rencana Penjualan dan Pangsa Pasar

Angka penjualan Tahu Crispy Empat Rasa Saus meningkat rata-rata 5% per tahun.

3.4.1 Produk

Keunikan Tahu Crispy Empat Rasa Saus adalah pada rasa sausnya. Dari bahan baku pun kami menggunakan bahan dasar yang bermutu dan berlangganan pada distributor. Kemudian, kami memperhatikan kemasan makanan karena hal ini akan menambah nilai lebih pada produknya.

3.4.2 Harga

Harga Tahu Crispy Empat Rasa Saus dijual dengan kisaran harga Rp 4.000 – Rp 15.000. Berikut ini tabel harga per item saus.

Daftar ProdukDaftar Harga EceranDaftar Harga Per Paket
Tahu Crispy 4 Rasa Saus ManadoRp. 4.000 per buahRp. 15.000 per paket dan isinya 5 tahu
Tahu Crispy 4 Rasa Saus KalimantanRp. 4.000 per buahRp. 15.000 per paket dan isinya 5 tahu
Tahu Crispy 4 Rasa Saus PadangRp. 4.000 per buahRp. 15.000 per paket dan isinya 5 tahu
Tahu Crispy 4 Rasa Saus MedanRp. 4.000 per buahRp. 15.000 per paket dan isinya 5 tahu

 
3.4.3 Promosi

Tahu Crispy Empat Rasa Saus memiliki rencana membuat promosi secara online maupun offline, seperti media cetak/online, social networking, sales promotion, dan beriklan di media sosial.

3.4.4 Lokasi Penempatan

Tahu Crispy Empat Rasa Saus bertempat di Jl. Ir H. Juanda, Cemp. Putih, Kec. Ciputat Tim, Komplek UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Kota Tangerang Selatan, Banten.

3.4.5 SDM

Karyawan yang bekerja di Tahu Crispy Empat Rasa Saus memiliki skill yang cukup dan bertanggung jawab dan menjaga kejujuran atas pekerjaan masing-masing. Di samping itu, mereka pun harus ramah kepada pembeli dan memahami keinginan konsumen.

3.4.6 Proses

Konsumen dapat langsung melakukan pemerasan tahu crispy sesuai dengan pilihan rasa empat saus. Setelah dipilih, produk tahu crispy langsung dikemas dalam kotak. Konsumen dapat memesan sesuai dengan keinginannya, baik bentuk paket maupun eceran.

3.4.7 Physical Evidence

Tahu Crispy Empat Rasa Saus dijual dengan menggunakan etalase yang berukuran cukup panjang 150 cm, lebar 80 cm, dengan 2 meja panjang, 6 kursi serta 1 unit tenda untuk pembeli yang ingin mengonsumsi di tempat. Bahan baku yang digunakan untuk tahu crispy aman dikonsumsi. Rasa saus yang beraneka ragam bertujuan agar menarik minat konsumen.

Baca juga: Perkembangan UMKM di Indonesia dan Beberapa Catatan Penting Lainnya

4. Aspek Organisasi Manajemen

4.1 Organisasi dan SDM

Organisasi kepemimpinan terdiri dari owner yang menjadi pemimpin usaha serta dua orang karyawan yang membuat dan mengerjakan produk Tahu Crispy Empat Rasa Saus.

4.2 Kegiatan Pra Operasional dan Jadwal Pelaksanaan

Agar bisnis Tahu Crispy Empat Rasa Saus berjalan dengan lancar, maka ada jadwal jam kerja dan kegiatan yang telah disesuaikan per bulan.

4.3 Perizinan

Tahu Crispy Empat Rasa Saus adalah usaha mikro yang cukup mendapatkan surat izin dari pihak kampus. Sementara SITU akan segera diproses setelah usaha tahu crispy memiliki bangunan tetap.

4.4 Inventasi dan Supply Kantor

Tahu Crispy Empat Rasa Saus menggunakan bahan baku dan peralatan untuk proses produksi.

5. Aspek Produksi

5.1 Pemilihan Lokasi Usaha

Pemilihan lokasi usaha Tahu Crispy Empat Rasa Saus di Jl. Ir H. Juanda, Cemp. Putih, Kec. Ciputat Tim., yang lokasinya berada di tengah kota dan strategis.

5.2 Rencana Tata Letak

dok Istimewa

5.3 Proses Produksi

Konsumen melakukan pemesanan tahu crispy sesuai dengan pilihannya, kemudian karyawan menyiapkan bahan dan alat yang diperlukan untuk membuatnya. Setelah pesanan jadi dan dikemas, konsumen melakukan pembayaran.

5.4 Bahan Baku dan Bahan Pembantu

Bahan baku Tahu Crispy Empat Rasa Saus adalah modal kerja utama dan bahan pembantu sebagai pelengkap proses pembuatan tahu crispy.

5.5 Tenaga Produksi

Tahu Crispy Empat Rasa Saus memperkerjakan satu orang karyawan karena usaha tergolong masih kecil. Sekalipun masih bisa ditangani owner, tatkala orderan ramai, tentu membutuhkan bantuan karyawan agar proses produksi berjalan lancar.

5.6 Mesin dan Peralatannya

Dalam proses pembuatan tahu crispy, Tahu Crispy Empat Rasa Saus menggunakan mesin dan peralatan seadanya. Pasalnya, pembuatan tahun crispy masih manual.

5.7 Tanah, Gedung, dan Peralatan

Lokasi usaha yang kami tempati adalah sewa. Daerah yang kami pilih merupakan lokasi yang strategis karena berada di jalur lalu lalang orang-orang, baik mahasiswa maupun masyarakat umum.

6. Aspek Keuangan

6.1 Sumber Pendanaan

Sumber permodalan Tahu Crispy Empat Rasa Saus beradal dari modal mandiri sebesar Rp 7.000.000.

6.2 Kebutuhan Pembiayaan/Modal Investasi

Agar bisnis Tahu Crispy Empat Rasa Saus semakin berkembang, maka kami membutuhan modal investasi Rp 5.300.000 dengan nilai penyusutan Rp 250.000.

6.3 Kebutuhan Modal Kerja

Modal kerja Tahu Crispy Empat Rasa Saus selama satu bulan sebesar Rp 1.300.000.

6.4 Analisis Kelayakan Usaha

Analisis kelayakan usaha berfungsi untuk mengukur nilai uang atau tingkat pengembalian dari investasi yang telah diberikan kepada suatu usaha di masa yang akan datang. Untuk mengukur kelayakan usaha Tahu Crispy Empat Rasa Saus, maka dapat digunakan metode Payback Period, Net Present Value, dan IRR.

6.4.1 Payback Period

Payback Period Tahu Crispy Empat Rasa Saus adalah 28 hari.

6.4.2 Net Present Value/NPV

Nilai NPV usaha Tahu Crispy Empat Rasa Saus adalah Rp 130.000.000, yang bernilai positif sehingga usulan investasi usaha tahu cripsy ini layak untuk dijalankan.

6.4.3 IRR/Internal Rate of Return

Besar IRR Tahu Crispy Empat Rasa Saus ialah 20% yang menunjukkan bahwa IRR lebih besar ketimbang BI Rate dan bunga investasi lainnya sehingga investasi terhadap Tahu Crispy Empat Rasa Saus dapat diterima.

6.5 Analisa Keuntungan

Analisa keuntungan digunakan untuk melihat jumlah unit dan rupiah yang didapatkan Tahu Crispy Empat Rasa Saus yang harus dicapai pada titik impasnya. BEP produk Tahu Crispy Empat Rasa Saus sebanyak 4.111 yang sama dengan Rp 16.000.000 pada bulan pertama.

6.6 Laporan Keuangan

Laporan keuangan adalah laporan yang mengenai kondisi keuangan suatu perusahaan yang terdiri atas neraca: laporan laba rugi dan laporan perubahan modal. Laporan keuangan dalam suatu bisnis sangat diperlukan karena pihak yang berkepentingan seperti pemilik/owner, manajer atau kreditor dapat mengetahui perkembangan dari bisnis tersebut.

Leave a Comment