4 Ciri-Ciri Peluang Usaha yang Baik dan Berpotensi Sukses

Zhinkadiary.com – Siapa saja dapat mendirikan bisnis. Anda bisa mendirikan bisnis secara offline ataupun online. Tapi tidak semua peluang bisnis bagus untuk Anda. Pasalnya, menemukan peluang bisnis adalah upaya tersendiri yang ditempuh setiap pebisnis.

Sebelum terjun ke dalam bisnis, Anda harus mempertimbangkan banyak hal. Apakah bisnis tersebut bertujuan memenuhi kebutuhan konsumen? Apakah Anda harus mengeluarkan modal besar? Apakah Anda harus menemukan peluang usaha yang sempurna dan anti-gagal?

Dalam artikel ini, Zhinkadiary.com telah merangkum ciri-ciri peluang bisnis yang baik dan berpotensi sukses.

Ciri-ciri peluang usaha yang baik
Sumber: geralt/Pixabay

Ciri pertama: cocok dengan keterampilan Anda

Menjalankan suatu bisnis tampaknya tidak semudah yang dibayangkan. Tapi ada benarnya pepatah yang menyatakan bahwa kita lebih baik melakukan suatu hal yang paling kita pahami. Dengan kata lain, Anda harus mengetahui seluk-beluk bisnis yang Anda dirikan. Apakah Anda memiliki keterampilan berdagang? Keterampilan teknologi? Keterampilan mengajar? Keterampilan mengolah makanan? dan sebagainya. Coba Anda renungkan lagi.

Misalnya, jika peluang bisnis berjualan ayam geprek sejalan dengan keterampilan Anda dalam mengolah daging ayam yang enak dan sambal yang maknyus, maka inilah peluang yang lebih baik untuk membuat usaha Anda semakin sukses.

Salah satu cara mengetahui hal tersebut adalah dengan mencatat daftar keterampilan yang Anda miliki. Kemudian cari tahu: apakah keterampilan tersebut sesuai dengan tuntutan bisnis yang sedang Anda jalani? Jika jawabannya adalah “ya”, maka Anda dapat terus melangkah ke depan. Sebaliknya, jika Anda belum mengetahui cara menjalankan bisnis tersebut, mungkin lebih baik cari opsi lain.

Ciri kedua: menjalankan bisnis sesuai dengan passion

Mengurus suatu bisnis bukanlah tugas yang gampang seperti membalikkan telapak tangan. Anda sebagai founder harus meluangkan waktu dan tenaga untuk membuat bisnis Anda berjalan dengan baik dan sukses. Pasalnya, menjalankan bisnis sesuai dengan passion tentunya tidak akan membuat Anda cepat lelah karena tuntutan bisnis. Itulah sebabnya mengapa Anda perlu belajar dari pebisnis ternama seperti Mark Zuckerberg, Jeff Bezos, Steve Jobs, atau Bill Gates.

Jika melakukan dengan sepenuh hati, maka Anda akan merasakan suatu kebanggan pada jalur bisnis yang Anda jalankan. Dengan kata lain, totalitas yang Anda lakukan tidak akan membuat diri Anda stres atau lelah. Bahkan bisnis tersebut justru memberikan energi ekstra bagi diri Anda untuk terus berpacu mengembangkannya ke arah yang lebih baik.

Ciri ketiga: bisnis bisa didanai dengan modal rendah

Hal penting yang tidak dapat dikesampingkan dalam bisnis adalah masalah pembiayaan. Pasalnya, pembiayaan merupakan sumber kehidupan untuk bisnis. Tanpa disokong bantuan pembiayaan, maka bisnis Anda tidak akan bertahan lama. Jadi soal ini tidak berurusan dengan seberapa besar passion Anda dalam bisnis tersebut. Karena jika Anda tak memiliki akses keuangan yang terjangkau, maka Anda tidak dapat menjalankan bisnis tersebut.

Karena itu, idealnya pendanaan untuk menjalankan bisnis harus dijamin dengan sumber keuangan seperti pinjaman dari kerabat atau keluarga. Soalnya, sumber pembiayaan lain akan lebih menyulitkan Anda, seperti pinjaman pada bank atau lembaga keuangan yang mengenakan suku bunga tinggi.

Cara lain untuk mengatasi masalah pembiayaan adalah dengan menjalankan crowdsourcing. Crowdsourcing merupakan cara paling murah untuk membiayai bisnis. Anda dapat mengumpulkan modal untuk memfasilitasi pembiayaan proyek bisnis Anda. Namun ketika memilih opsi ini, Anda harus menyerahkan lebih banyak ekuitas.

Ciri keempat: dapat memenuhi kebutuhan konsumen

Bisnis yang Anda jalankan harus menjawab kebutuhan konsumen di lapangan. Pasalnya, banyak orang yang membuat kesalahan dengan mendirikan suatu bisnis tanpa mengetahui apakah “produknya” dibutuhkan konsumen. Ketika tidak ada kebutuhan konsumen pada produk atau layanan Anda, maka bisa dipastikan bisnis Anda siap untuk gagal.

Jika produk bisnis Anda menjadi jawaban untuk memenuhi kebutuhan konsumen, maka Anda harus menawarkan produk melebihi harapan mereka. Dengan kata lain, Anda harus berusaha lebih baik daripada kompetitor.

Kesimpulan

Jika saat ini Anda melihat peluang bisnis yang cocok untuk keterampilan dan minat Anda, maka manfaatkanlah peluang tersebut. Namun Anda juga harus memastikan bahwa bisnis tersebut adalah sesuatu yang dapat Anda biayai dengan modal yang terjangkau. Tak perlu gegabah mendapatkan pinjaman mahal yang jika mengalami kondisi buruk akan menyulitkan diri Anda. Semoga informasi ini dapat membantu!

Leave a Comment