7 Camilan Lezat yang Terbuat dari Tepung Terigu

Zhinkadiary.com – Tepung terigu memang bahan baku utama dalam pembuatan jenis makanan camilan. Apalagi terigu berprotein tinggi dapat dijadikan adonan untuk sajian yang memiliki tekstur elastis, seperti roti, mie, pasta, dan donat.

Tapi tidak hanya untuk jenis makanan itu saja, tepung terigu juga dapat dibuat camilan yang enak. Anda mungkin tidak menyadari beberapa jenis camilan yang sudah dirangkum Zhinkadiary.com berikut dibuat dari bahan dasar tepung terigu. Yuk, disimak apa saja camilan tersebut!

Kue sus camilan dari tepung terigu
Sumber gambar: RitaE/Pixabay

1. Kue cucur

Tepung terigu yang berlebih di dapur dapat Anda gunakan untuk membuat kue cucur yang enak dan lezat. Kue cucur termasuk jajanan kue bahasa tradisional yang masih laku di pasaran.

Meski biasanya kue cucur menggunakan tepung beras sebagai campuran, Anda juga bisa menggunakan tepung terigu. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain: 17 sendok makan tepung terigu, 1/4 baking powder, 1 1/2 gelas belimbing air, 1 saset susu kental manis rasa cokelat, 4 sendok makan tepung terigu, gula merah sesuai selera, dan minyak goreng secukupnya

2. Pisang goreng

Pisang goreng adalah camilan yang super nikmat jika dikonsumsi untuk sarapan di pagi hari. Pisang goreng rasanya manis, legit, dan empuk (jika sudah matang).

Biasanya pisang goreng dilumuri tepung terigu terlebih dahulu sebelum digoreng. Banyak juga orang yang mencampurkan gula ke adonan tepung terigu untuk menambah rasa manis pisang goreng. Pisang goreng cocok disajikan untuk beragam situasi, baik saat santai maupun acara-acara tertentu.

3. Donat

Donat kekinian sering kali menggunakan kentang sebagai bahan campuran. Pasalnya, tekstur donat akan lebih haulus menggunakan kentang dibanding tepung terigu.

Tapi jika tidak ada kentang, tepung terigu pun tidak masalah. Anda tetap dapat membuat donat yang enak. Untuk hasil yang memasukkan gunakan terigu protein tinggi agar adonan donat bisa kalis, elastis, dan memiliki tekstur lembut sekaligus padat.

4. Pempek

Biasana pempek dibuat dari bahan-bahan seperti daging ikan yang digiling lembut, tepung kanji, serta bumbu-bumbu penyedapnya. Tapi Anda juga bisa kok membuat pempek dari bahan dasar tepung terigu. Tepung terigu ini digunakan jika semua bahan-bahan tersebut habis di dapur.

5. Kroket

Kroket adalah camilan yang dilapisi dengan putih telur dan tepung panir kemudian digoreng. Makanan ini bukan asli Indonesia, melainkan Belanda. Biasanya kroket di Indonesia berisi bahan gumpalan kentang yang diising dengan daging cincang lalu dicampur dengan sayuran.

Tapi jika di rumah hanya ada tepung terigu, Anda tetap bisa membuat kroket kok. Tepung terigu ini dapat langsung diaduk ke dalam wadah yang sudah berisi margarin panas serta tumisan bawang bombay dan bawang putih. Setelah itu, baru dicampur susu dan diaduk sebentar. Selebihnya Anda dapat membuat kroket seperti biasanya.

6. Mendoan

Mendoan adalah salah satu camilan yang populer di Pulau Jawa. Bahan bakunya adalah potongan tempe yang dilumuri dengan tepung terigu beserta bumbu. Baru kemudian ditambahkan sambal kecap atau cabe rawit untuk mengonsumsinya.

Tempe mendoan berbeda dengan gorengan tempe karena setengah matang ketika dimasak. Karena tidak benar-benar matang, jadi sensasi tempe yang empuk akan lebih terasa. Karena itu, camilan ini cocok disajikan sebagai teman bersantai atau untuk berkumpul.

7. Kue sus

Kue sus merupakan jajanan tradisional yang isiannya adalah cream custard dengan rasa vanila. Kue ini bukan asli Indonesia, melainkan dari Barat, lebih tepatnya Prancis.

Kue sus sudah menjadi jajanan populer di Indonesia dan menjadi penganan dalam acara-acara khusus di Indonesia. Hingga sekarang, varian kue sus tak terhitung dengan citarasa yang lezat, baik mulai dari harga murah hingga mahal.

Demikian informasi tentang camilan yang terbuat dari tepung terigu. Jika ada tambahan camilan lain Anda bisa tambahkan di kolom komentar. Semoga membantu!

Leave a Comment