4 Bisnis Kuliner yang Menguntungkan dengan Omzet Puluhan hingga Ratusan Juta

Zhinkadiary.com – Bisnis kuliner yang menguntungkan adalah harapan setiap pengusaha. Apalagi bisnis kuliner yang dilakoni beromzet puluhan hingga ratusan juta rupiah. Tentunya, banyak orang-orang yang akan terjun ke dalam bisnis tersebut.

Tapi bisnis kuliner dengan untung yang berlipat-lipat dapat Anda capai dengan cara trial and error. Artinya, penjualan kita tidak akan langsung melejit. Namun perlu waktu dan kesabaran dalam mengelolanya.

Dalam artikel ini, Zhinkadiary.com sudah merangkum bisnis kuliner apa saja yang dapat menguntungkan Anda.

Sumber: shirleysavitri/Pixabay

1. Bisnis snack

Bisnis kuliner tidak harus dimulai dengan modal besar. Modal kecil pun bisa. Asalkan tahu bisnis apa akan dijalankan. Salah satunya Anda dapat mencoba peruntungan dengan menjual makanan ringan alias snack.

Tapi jenis makanan ringan apa yang bisa dijual? Anda harus eksplorasi terlebih dahulu jenis makanan ringan yang akan dijual. Ada banyak makanan ringan snack yang bisa Anda jadikan pilihan, misalnya keripik. Keripik pun ada banyak jenisnya: keripik talas, ubi, telor, kentang, singkong, seblak, dan lain-lain.

Jika sudah tahu ingin fokus ke snack tertentu, lalu coba buat dan tawarkan kepada orang-orang terdekat atau tetangga. Jika komentar orang-orang positif, Anda bisa langsung menjualnya.

Untuk menjualnya, Anda bisa menitipkan snack bikinan Anda ke warung-warung. Jika laku, Anda bisa mulai menawarkan ke pasar yang lebih luas, seperti swalayan.

2. Bisnis rujak cireng

Cireng adalah makanan ringan yang berasal dari Jawa Barat. Coba Anda perhatikan ketika Anda berbelanja ke supermaket, maka jenis makanan ringan yang hampir selalu dijual adalah rujak cireng.

Jika memiliki modal kurang lebih satu juta, Anda dapat membeli bahan baku cireng di pasar. Kemudian cobalah membuatnya. Memang, ada banyak resep untuk membuat rujak cireng. Tapi Anda harus mendapatkan resep yang membuat rujak cireng Anda disukai orang-orang. Varian rujak cireng juga bermacam-macam, seperti rasa original, teri medan, keju, hingga terasi.

Pemasaran rujak cireng sebenarnya tak jauh berbeda dari makanan ringan snack. Anda dapat menitipkan di warung, di sekolah, dijual ke tetangga, atau komplek perumahan. Jika animo konsumen cukup bagus, Anda bisa menjelajahi ke pangsa pasar yang lebih luas lagi.

3. Bisnis kue kering

Momen Lebaran tiap tahun jangan Anda sia-siakan. Anda dapat mencoba peruntungan dengan berbisnis kue kering, seperti kastengel, nastar, putri salju, dan lain-lain. Banyak para pengusaha kue kering yang meraup untung besar saat Lebaran hingga ratusan juta rupiah.

Jika Anda piawai dalam membuat kue kering, maka keterampilan ini dapat menjadi cuan. Tapi jika Anda baru memulai bisnis ini, maka Anda harus melakukan fokus pada produksi sekaligus pemasaran. Pemasaran juga dapat dilakukan dari lingkup terkecil dahulu.

Asalkan kue kering buatan Anda enak di lidah konsumen, bukan tidak mungkin berpeluang besar untuk diproduksi dalam jumlah besar. Agar pelanggan mengenal kue kering Anda, jangan lupa untuk membuat merek dagang Anda.

4. Bisnis kuliner emperan

Apa yang Anda bayangkan dari bisnis kuliner emperan? Angkringan, gorengan, cilok, bakso, atau nasi goreng? Tapi Anda dapat belajar dari kisah Trias Agung Wibowo. Bisnis kuliner emperan dia cukup unik dan terbilang belum ada di Yogyakarta.

Kuliner emperan yang dia jual bukan makanan biasa. Menu yang ditawarkan adalah pizza. Nah, pizza biasanya dijual bukan di emperan, tetapi Trias memodifikasinya dan menjual dengan harga murah, yakni Rp 30-45 ribuan.

Meskipun pizzanya dijual di emperan, Trias tetap menjaga kualitas bahan bakunya. Misalnya keju. Ia menggunakan keju khusus yang diimpor dari Prancis.

Apa yang bisa Anda pelajari dari bisnis pizza emperan ini? Antara lain, melakukan inovasi dalam bisnis kuliner adalah hal yang sangat penting. Kesan pizza yang hanya dijual di mall dan harganya cukup mahal ternyata bisa dijual di emperan dengan harga miring dan kualitas yang selalu dijaga.

Demikian informasi mengenai bisnis kuliner yang menguntungkan dan semoga menjadi inspirasi Anda untuk mencobanya!

Leave a Comment