7 Tips Memulai Usaha Kedai Kopi Murah dengan Modal Kecil

Zhinkadiary.com – Usaha kedai kopi tampaknya banyak diminati oleh orang-orang. Hal ini terlihat karena bermunculan kedai kecil-kecilan yang biasanya menggunakan bagian dari rumah, teras, atau halaman depan rumah sebagai tempat usaha.
Dengan memanfaatkan bagian dari rumah, artinya membuat kedai kopi dapat memberikan peluang bisnis tambahan dalam skala rumah tangga. Umumnya kedai kopi kecil-kecilan ini kita lihat di rumah yang berada di pinggir jalan. Tapi tak melulu di pinggir jalan besar. Bahkan telah bermunculan kedai yang berlokasi di pedalaman komplek perumahan. 
Tentu kita semua mafhum bahwa kebiasaan minum kopi telah menjadi budaya anak muda Indonesia. Nongkrong adalah salah satu gaya hidup yang bisa kita temukan tak hanya di kota besar, tetapi juga di kampung-kampung. Berbagai modifikasi kedai kopi pun mengikuti zaman. Kini Anda pun dapat membuka kedai kopi tanpa harus menyewa tempat, karena rumah Anda sendiri bisa disulap menjadi kedai kopi kecil-kecilan.
Berikut ini Zhinkadiary.com jelaskan tips membuka usaha kedai kopi murah dengan modal minimal.
Usaha Kedai Kopi Murah
Source: Pixabay/HuaHinTown_Snap

Tentukan lokasi kedai kopi

Jika Anda tidak memiliki budget untuk menyewa tempat, maka jadikan rumah Anda sebagai lokasi usaha kedai kopi. Untuk itu setidaknya rumah Anda memiliki halaman depan. Lalu perhatikan pula apakah jalanan rumah Anda sering dilewati oleh orang. Jika lokasi rumah Anda adalah jalanan umum, maka ini bisa menjadi kesempatan yang baik untuk memulai kedai kopi kecil-kecilan di rumah.

Konsep kedai kopi

Setelah segala strategi Anda pikirkan, kemudian tentukan konsep kedai kopi yang ingin Anda bangun. Konsep ini akan membantu kamu menentukan pangsa pasar. Nah, konsep ini ke depannya akan menjadi identitas kedai kopi Anda sehingga akan membedakan dengan kedai kopi yang lainnya. Coba pikirkan dengan matang konsep apa yang sesuai dengan kedai kopi Anda?

Supplier yang tepat

Carilah supplier kopi yang tepat untuk bisnis Anda. Mungkin ini menjadi pekerjaan rumah pertama Anda untuk membuka usaha kedai kopi. Anda bisa menyesuaikan bahan baku kopi dengan konsep usaha kedai Anda. Pilihlah biji kopi dengan kualitas terbaik, tetapi harganya masih terjangkau.

Peralatan kedai kopi

Peralatan kedai kopi adalah semua alat-alat yang dibutuhkan untuk menunjang bisnis kopi Anda. Peralatan inilah yang Anda butuhkan untuk membuat secangkir kopi yang nikmat untuk konsumen. Di antaranya:
  • Mesin penggiling kopi
  • Mesin espresso
  • Grinder
  • Scale
  • French press
  • Syphon
  • V60
  • Milk steamer
  • Milk jug
  • Silverware dan glassware
  • Blender
  • Kulkas
  • dan sebagainya
Tentukan alat-alat primer terlebih dahulu untuk kedai kopi Anda. Tidak perlu selengkap peralatan yang terdapat di kafe. Anda bisa membeli peralatan di marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, dan lain-lain untuk mencari harga yang sesuai.

Memilih nama brand

Carilah nama brand yang menarik agar mudah diingat oleh konsumen. Kemudian buatlah logo yang sesuai dengan brand Anda. Berikut ini tips dalam mencari nama brand kedai kopi Anda:
  1. Lakukan brainstorming untuk mendapatkan ide-ide baru yang segar terkait nilai-nilai atau filosofi kedai kopi Anda. 
  2. Ada tiga jenis penamaan brand: literal (nama sesungguhnya), metaphoric (perumpamaan), dan fanciful (nama yang bagus/keren)
  3. Carilah nama brand yang mudah diingat dan dieja
  4. Mintalah pendapat dari orang lain: apakah nama brand Anda mudah diucapkan atau tidak?

Akun media sosial

Buatlah akun media sosial untuk kedai kopi Anda. Media sosial adalah sarana ampuh untuk mempromosikan usaha Anda. Misalnya, buatlah akun Instagram kedai kopi Anda. Makin banyak follower, maka kedai kopi Anda semakin terkenal di lingkungan Anda. Untuk permulaan lakukan promosi agar menarik minat pembeli.

Pasang banner

Agar orang-orang yang melewati kedai kopi Anda tertarik untuk mampir, maka pasang banner di tempat yang terlihat oleh mata. Buatlah banner yang menarik dari segi kata-kata ataupun gambar.
Usaha kedai kopi yang selama ini kita dengar mungkin memerlukan modal yang besar. Ini sebenarnya dapat Anda sesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Dengan modal rata-rata 10 juta Anda pun sudah bisa membangun bisnis kedai kopi di teras rumahmu. Setidaknya di teras rumah Anda tidak akan dipungut biaya sewa tempat yang mungkin terhitung mahal apabila terdapat di lokasi strategi. Selamat mencoba!

Leave a Comment