5 Kuliner Khas Bandung yang Enak dan Bikin Ketagihan!

Zhinkadiary.com – Jalan-jalan ke Bandung kurang lengkap rasanya tanpa menikmati kuliner khasnya. Ada beragam kuliner Bandung yang jika disusun akan menjadi sebuah buku panduan jajanan kuliner. Tapi apakah mungkin dapat menjelajahi semua kuliner di Bandung dalam satu waktu? Rasanya jika kita hanya berkunjung sebentar saja, tidak cukup! Karena begitu banyaknya jajanan kuliner di Bandung.

Berikut ini kami hanya memberikan hanya beberapa kuliner khas Bandung saja yang setidaknya wajib Anda coba. Sayang loh, pergi ke Bandung tetapi tidak menikmati minimal salah satu dari lima kuliner di bawah ini. Tentu tiap orang memiliki selera berbeda-beda, tapi dari banyak review yang kami baca, umumnya para pengunjung memang menyukai daftar kuliner ini. Zhinkadiary.com sudah merangkumnya untuk Anda!

Kuliner Khas Bandung yang Enak
Ilustrasi. Source: Shutterbug75/Pixabay

1. Mie Linggarjati di depan Alun-Alun Bandung

Mie Linggarjati adalah kuliner khas Bandung yang wajib Anda nikmati selagi berkunjung atau berlibur di Kota Bandung. Bagi masyarakat Kota Kembang sendiri, Mie Linggarjati sudah menjadi jajanan yang populer.

Bisa dibilang Mie Linggarjati ini termasuk kuliner yang legendaris karena sudah berdiri sejak tahun 1950. Pada mulanya, tempat makan ini hanyalah tempat makan biasa saja hingga pemiliknya memutuskan untuk berfokus pada kuliner mie yamin dan bakso. Sejak saat itulah, pengunjung mulai berdatangan dan terus ramai hingga beberapa dekade.

Menu unggulan Mie Linggarjati adalah mie yamin. Rasanya sudah tidak diragukan lagi: enak! Selain enak tentu saja mie yamin juga manis dan asin, teksturnya lembut. Kombinasi inilah yang membuat lidah pengunjung ketagihan!

Tidak hanya menjual mie saja, di sini juga ada menu unggulan lain, yakni es alpukat. Es alpukat ini termasuk istimewa karena cara pengolahannya masih tergolong tradisional. Unik, wajib dicoba!

Jika Anda ingin menikmati semangkuk mie Linggarjati, harga yang ditawarkan untuk satu porsi mulai dari RP 40.000. Tentu, harga ini memang disesuaikan dengan citarasa yang akan membuat pengunjung ketagihan.

Alamat Mie Linggarjati adalah di Jalan Balong Gede Nomor 1, tepatnya di depan Alun-Alun Bandung. Jam operasional mulai pukul 08:30-20:00 WIB.

2. Bubur Ayam Gibbas di Kebon Sirih

Bubur ayam gibbas merupakan kuliner khas Bandung yang tak kalah legendarisnya. Tempat makan ini selalu penuh dikeroyok pelanggannya. Pencinta bubur ayam pasti akan ketagihan jika sudah mencoba di sini.

Alasannya: porsinya lebih banyak dari bubur ayam umumnya, full suwiran daging ayam (campuran daging ayam biasa dan ayam kampung!). Rasa bubur ayam ini terasa kaldu ayam kampungnya. Anda juga bebas memilih topping untuk bubur, seperti telor muda, ati ampela, kulit, dan lain-lain.

Anda hanya perlu memesan bubur ayam di kasir, kemudian pesanan Anda dicatat. Selama menunggu di meja, Anda akan disuguhi teh tawar hangat. Tak perlu menunggu lama, bubur istimewa ini akan datang. Di setiap meja sudah tersedia kecap asin, kecap manis, bubuk merica, dan sambel.

Lidah bergoyang dan perut kenyang! Seporsi bubur ayam ini dibanderol mulai dari Rp 16.000 saja. Alamat bubur ayam gibbas di Jalan Kebonjati 187. Jam operasional bubur ayam gibbas, yakni pukul 05:30 – 11:30 dan buka kembali pukul 16:00-23:30.

3. Lotek Kalipah Apo

Lotek dalam kamus bahasa Indonesia berarti makanan dari jenis gado-gado yang dibuat dari sayur-mayur. Di Bandung ada lotek yang tersohor, yaitu Lotek Kalipan Opo. Bisa disebut legendaris karena lotek ini telah berdiri sejak setengah abad lalu!

Lotek ini juga merupakan kekhasan kuliner Bandung yang wajib Anda coba jika datang ke sana. Meski sudah berdiri sejak setengah abad lalu, warungnya tetap mempertahankan kelawasan. Pecinta lotek Kalipah Opo tidak hanya orang dewasa, melainkan juga anak-anak. Jadi jangan heran melihat antreannya.

Karena mirip gado-gado, lotek memiliki komposisi seperti bayam, kangkung, nangka muda, tauge, kol, dan kacang panjang. Selain sayur juga terdapat potongan tempe goreng atau lontong. Kesemua bahan itu dicampur oleh bumbu kcang halus yang menggugah selera siapa saja yang mencicipinya.

Harga lotek masih terbilang murang di kantong, yakni Rp 19.000 per porsi (harga mungkin berubah sewaktu-waktu). Alamat lengkap warung ini adalah di Jalan Kalipah Apo Nomor 42, Astana Anyar, Bandung. Jam operasional, yakni Senin, Rabu-Minggu mulai buka pukul 09:00-16:30. Warung tutup hari Selasa.

4. Iga Bakar si Jangkung di Cipaganti

Iga bakar adalah bagian yang spesial dari daging. Di Bandung juga ada iga bakar yang terkenal: Iga Bakar Si Jangkung. Janga lupa sempatkan waktu Anda untuk menikmati sajian fenomenal ini. Lidah Anda akan benar-benar dimanjakan.

Sudah dipastikan menu paling digemari pengunjung adalah iga bakar kambing. Tapi bagi yang tidak menyukai daging kambing, Anda bisa menggantinya dengan iga bakar sapi atau tongseng sapi.

Untuk iga bakar kambing dan sapi dibanderol Rp 35.000 per porsi (harga dapat berubah sewaktu-waktu). Murah bukan? Penasaran? Yuk, cobain langsung di Bandung…

Alamat iga bakar ini adalah di Jalan Cipaganti Nomor 75G, Pasteur, Sukajadi. Jam operasionalnya mulai pukul 12:00-22:00. Tiap hari buka, jadi kapan pun Anda bisa mampir ke sini.

5. Batagor Kingsley di Veteran

Batago adalah camilan populer yang dikenal masyarakat Indonesia dan terdapat di mana-manan. Tapi jangan salah, ada batagor yang enak juga di Bandung, yaitu Batagor Kingsley. Dalam satu porsi batagor terdiri dari dua pieces, yaitu bakso tahu goreng dan somay goreng yang dilumuri saus kacang.

Saus kacang Batagor Kingsley juga terkenal enak. Rasanya gurih. Untuk somaynya bertekstur agak kenyal. Untuk porsi ini dibanderol Rp 31.000. Sedangkan jika Anda ingin yang berkuah, ada juga batagor kuah. Harga dibanderol Rp 31.000. Terdiri dari batagor dengan kuah kaldu ayam serta taburan bawang goreng yang wangi aromanya.

Menu lain yang tak kalah enaknya adalah batagor pangsit kuah yang dibanderol Rp 43.000. Terdiri dari bakso tahu goreng, somay goreng, dan tiga pieces pangsit kuah yang berisi olahan daging ayam. Porsi Batagor Kingsley cukup banyak dan citarasanya pas antara tepung, adonan ikan, dan bumbunya. Gimana penasaran ingin mencobanya?

Alamat Batagor Kingsley di Jalan Veteran Nomor 25, Kb. Pisang, Kec. Sumur Bandung. Jam operasionalnya dari hari Senin-Rabu dan Jumat-Minggu, mulai pukul 08:00-20:00. Khusus hari Kamis tutup.

Itulah beberapa kuliner khas Bandung yang patut Anda datangi sewaktu melipir ke Bandung. Semoga membantu!

2 thoughts on “5 Kuliner Khas Bandung yang Enak dan Bikin Ketagihan!”

  1. Great blog! Do you have any tips and hints for aspiring writers?
    I’m planning to start my own website soon but I’m a little lost on everything.
    Would you recommend starting with a ftee platform like WordPress
    or go for a paid option? There are so many choices out there that I’m totally confused
    .. Any recommendations? Thanks!

    Reply

Leave a Comment