5 Bisnis Kuliner Anak Muda yang Bisa Anda Coba

Zhinkadiary.com – Usaha kuliner anak muda memang sangat menantang. Anda tidak hanya ditantang menciptakan varian atau modifikasi pada sejumlah jajanan kuliner, melainkan juga mengelaborasi produk makanan yang akan dijual.

Studi banding ke sejumlah produk makanan kekinian adalah penting. Pasalnya, Anda akan belajar banyak tentang bagaimana makanan diolah, dibentuk, dan menjadi menu baru yang tiba-tiba “meledak” dan trending di pasaran.

Berikut ini Zhinkadiary.com rangkum lima contoh bisnis kuliner anak muda yang saat ini sedang booming.

Source: Pexels/Pixabay

1. Bakso kekinian

Bakso adalah jajanan populer di Indonesia. Bakso digemari hampir segenap masyarakat. Tukang bakso ada yang berjualan dengan gerobak atau pangkalan. Tiap orang punya langganan bakso masing-masing.

Tapi jika Anda ingin berbisnis bakso, maka Anda harus melakukan modifikasi terlebih dulu. Pasalnya, bakso Anda harus berbeda dari yang lain.

Misalnya, bakso yang Anda jual dilengkapi dengan tetelan sapi. Tapi biasanya tetelan sapi yang disajikan tidak banyak. Nah, Anda bisa memberikan tetelan sapi yang cukup banyak. Ini untuk menarik perhatian konsumen.

Anda bisa mempelajari bagaimana Bakso Adam, yang berjualan di Glodok, Jakarta Barat, bahkan sampai membuat tetelan sapi yang dimasak terpisah. Dengan begini, bakso Anda akan mendapatkan nilai lebih daripada bakso-bakso yang biasa.

Selain memberikan tetelan sapi yang banyak sebenarnya masih ada modifikasi lain yang patut Anda coba. Misalnya, membuat ukuran bakso jumbo. Hal ini tentu untuk menarik minat penggemar bakso juga.

2. Kedai kopi

Bisnis kedai kopi adalah bisnis yang sekarang ini begitu diminati anak muda. Sebagai anak muda, Anda juga bisa memulai kedai kopi, misalnya, dari rumah atau sewa tempat di lokasi strategis.

Anda bisa bayangkan bahwa kedai kopi tak harus berdiri di pinggir jalan atau lokasi yang ramai. Bahkan banyak kedai kopi yang berdiri di tengah permukiman atau lokasi kurang strategis. Namun karena branding-nya berhasil, kedai tersebut ramai dikunjungi oleh anak-anak muda setempat.

Baca juga: 15 Jenis Makanan Ringan yang Bisa Dibakar

Yang penting Anda dapat mengonsep kedai kopi dengan sentuhan kekinian dan instagramable sehingga cocok dijadikan lokasi berfoto. Pasalnya, kedai kopi yang instagramable akan lebih diminati anak muda ketimbang yang kurang bagus untuk berfoto. Kedai kopi juga harus terlihat modern dan menjadi tempat yang nyaman untuk nongkrong.

Selain konsep tempat yang instagramable, Anda juga harus pandai memadukan pilihan rasa dan bahan-bahan kopi yang terbaik. Misalnya, penggunaan gula aren, peppermint, sirup karamel, atau bahan lokal seperti pandan. Inovasilah yang akan membuat kedai kopi Anda diminati kalangan kaum muda.

3. Dessert box

Bisnis dessert box tengah booming di pasaran. Apalagi di era pandemi, dessert box banyak diminati masyarakat. Bahkan bisa dikatakan dessert box adalah kudapan yang laris manis pada 2021.

Untuk memulai bisnis dessert box, Anda harus tahu sedikit mengenai marketing online. Pasalnya, dessert box tidak harus dimulai dari tokoh fisik, melainkan bisa dimulai online terlebih dahulu.

Anda juga harus memahami cara penjualan dan pemasaran melalui sistem online. Salah satu desert box yang terkenal adalah Bittersweet, yang laris manis menjajakan jualannya di media sosial.

Karena dijual di media sosial, Anda juga harus bisa menampilkan foto produk yang menggugah selera konsumen.

Jika punya modal lebih, tak ada salahnya melakukan endorsment ke influencer-influencer yang target pasarnya sesuai dengan yang Anda inginkan.

4. Gorengan kekinian

Siapa yang tidak suka gorengan? Makanan ringan ini begitu digemari seantero Indonesia. Tidak ada orang yang tidak tahu gorengan, dari anak kecil hingga dewasa.

Varian gorengan amat beragam, dari soal cita rasa dan bentuknya mengalami banyak modifikasi sehingga membuat bisnis jualan gorengan selalu berkembang.

Anda pun dapat membuat gorengan kekinian agar konsumen merasakan perbedaan gorengan Anda dan orang lain.

Baca juga: Contoh Bisnis Plan Makanan: Tahu Crispy Empat Rasa Saus

Misalnya, gorengan anda menggunakan pilihan bumbu tabur seperti keju, original, cabai hijau, kari pedas, hingga rasa mie goreng.

Atau dalam penyajiannya, Anda tidak hanya langsung membungkus gorengan ke dalam packaging, melainkan dengan memotong-motongnya terlebih dulu.

Pada dasarnya, sejauh mana Anda bisa melakukan modifikasi pada gorengan ini sehingga menjadi varian yang mungkin belum pernah dibuat orang.

5. Martabak manis beragam topping

Sore menjelang malam hari memang paling enak menyantap martabak. Tapi tahukah Anda jika martabak pun mengalami banyak modifikaksi.

Salah satunya adalah martabak yang memiliki berbagai macam topping sekaligus. Dalam martabak tradisional, biasanya menggunakan rasa kacang, cokelat, atau keju saja.

Tapi saat ini topping mentega memiliki variasi topping. Contohnya: rasa pandan, red verlvert, nutella atau mocca.

Modifkasi lainnya adalah menyediakan mentega berukuran kecil agar harga pas di kantong dan terlihat berbeda dari yang lainnya.

Demikian informasi mengenai bisnis kuliner anak muda yang dapat Anda coba dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Di luar sama bisnis makanan anak muda masih banyak dan modifikasi kuliner pun terus berkembang seiring waktu berjalan. Semoga menginspirasi!

Leave a Comment