4 Aplikasi Keren untuk Menjual Makanan secara Online

Zhinkadiary.com – Aplikasi untuk menjual makanan secara online dapat sejatinya dapat mempermudah penjual untuk memperkenalkan dan mempromosikan makanan kepada pembeli. Dengan cara online, orderan tidak hanya berasal dari satu tempat saja, melainkan dari berbagai tempat. Hal itu terjadi karena digitalisasi penjualan online justru dapat membuat produk dikenal secara luas. Di samping itu, baik penjual maupun pembeli akan mendapatkan kemudahan proses transaksi.

Di Indonesia sendiri sudah ada beberapa startup yang menyediakan tempat untuk menjual makanan secara online. Penjual hanya perlu menyiapkan makanan dan fokus menjaga mutu makanan yang hendak dijual. Sebagai penjual, Anda akan terbantu sepenuhnya dengan hadirnya berbagai aplikasi yang sudah dirangkum Zhinkadiary.com berikut ini.

Source: ilanshatz/Pixabay

1. Menjual makanan rumahan dengan Soku

Soku merupakan aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk menjual makanan rumahan. Aplikasi buatan anak negeri ini banyak dipergunakan ibu-ibu rumah tangga untuk memperoleh penghasilan tambahan. Soku ke depannya memang diharapkan menjadi motor penggerak UMKM kuliner di seluruh Indonesia.

Cara menggunakan aplikasi Soku juga sangat mudah. Anda hanya perlu mendaftar menggunakan e-mail atau nomor ponsel. Setelah mendaftar, Anda bisa langsung mengunggah foto-foto masakan Anda, memberi deskripsi dan harga pada tiap makanan Anda. Setelah itu, Anda dapat langsung mempostingnya.

Selain menjadi wadah menjual makanan, Anda juga bisa berbagai resep masakan di aplikasi Soku melalui artikel, foto, atau video. Tujuannya untuk saling berbagai.

2. Menjual beragam jenis makanan di Food.id

Food.idadalah platform belajar bahan makana online yang tersebar di seluruh Indonesia. Ada dua pilihan, yakni jadi penjual dan jadi pembeli. Di Food.id terdapat beragam jenis makanan dan minuman, antara lain, kopi dan teh, buah, sayuran, masakan jadi, makanan beku, sambal, bahan dasar makanan, makanan instant, bakery & dessert, aneka mie & biji-bijian, dan lainnya.

3. Solusi menjual makanan dengan DamaGo

DamaGo adalah aplikasi yang dirintis di Korea Selatan yang merupakan karya orang Indonesia. Berdiri pada 2017, DamaGo memiliki misi untuk mengatasi masalah limbah makanan. Pasalnya, di Seoul sendiri, setiap hari terdapat sekitar 14.000 ton makanan yang tidak laku di pasaran dibuang.

Aplikasi ini menampung makanan-makanan yang hampir kadaluwarsa kepada konsumen dengan harga jual yang murah, yakni diskon mencapai 50%. Adanya DamaGo membuat para pedagang makanan tidak membuang makanana mereka yang tidak terjual, melainkan tetap dapat memasarkan kepada konsumen secara online.

Baca juga: Aplikasi Beli dan Belanja Sayuran Online Murah tanpa Keluar Rumah

Untuk itu, aplikasi DamaGo ini sangat cocok untuk restoran, kafem bar, hotel, toko makanan, hingga katering. DamaGo dapat menjadi solusi bagi pedagang makanan agar dapat menjual makanan sehingga tidak ada yang terbuang dan sia-sia. Namun untuk sementara itu, hanya pengguna di Yogyakarta saja yang bisa menggunakan aplikasi ini karena belum tersebar luar di seluruh Indonesia.

4. Pesan-antar makanan dengan Kulina.id

Kulina.id adalah startup yang menawarkan pesan-antar makanan. Anda bisa menjual makana melalui Kulina. Sebelumnya, Anda hanya perlu menjadi salah satu merchant Kulina saja.

Baca juga: Cara Usaha Makanan Online agar Laris Manis dan Diburu Pembeli

Sebagai mitra, Anda hanya perlu menerima pesanan dan mengatur hari operasional outlet. produk makanan yang dapat dijual adalah semua jenis produk, mulai dari paketan nasi hingga frozen food. Hingga sekarang ini, Kulina beroperasi di Jabodetabek dan Bandung.

Demikian empat aplikasi jual makanan online yang bisa Anda coba untuk menjual makanan. Semoga membantu!

Leave a Comment