Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Tips Bisnis Minuman Boba dengan Modal Minimalis

Zhinkadiary.com – Minuman boba sekarang ini sangat digemari masyarakat dan bisnis minuman ini pun bermunculan di mana-mana. Pernah melihat antrean panjang di salah satu booth minuman boba? Ini menunjukkan bahwa antusiasme masyarakat pada minuman kemasan ini masih tinggi.

Bahan baku boba adalah tapioka yang jika dikunyah akan menciptakan sensasi kenyal. Boba juga amat disukai anak-anak dan remaja karena keunikan dari bola-bola kenyal ini. Namun jika Anda ingin berkecimpung dalam bisnis boba, Anda harus selalu memantau: menu boba apa yang sedang populer?

Sedikit bocoran, menu yang tahun ini populer adalah fresh milk boba, yang dipadukan dengan gula aren cair. Bukan main larisnya karena permintaan yang tinggi oleh masyarakat. Hal ini, seperti dikutip dari Kompas.com, membuat pendiri Xinaide Boba, Mochamad Ichsan, sebagai peluang emas.

Apakah Anda tertarik untuk mencoba bisnis minuman boba? Hmm, tapi belum tahu apa saja yang harus dipersiapkan? Nah, Zhinkadiary.com sudah merangkumnya sebagai berikut…

Bisnis Minuman Boba

1. Membuat boba sendiri

Sebelum memulai bisnis, perlu Anda ketahui bahwa bisnis boba ini bisa menggunakan modal minimalis. Berbeda halnya jika Anda menjadi mitra franchise, maka ada dana investasi yang harus Anda siapkan. Tapi jika ingin mencoba secara mandiri juga bisa kok.

Hal pertama yang kudu Anda lakukan adalah membuat boba secara mandiri. Pembuatan boba juga terhitung gampang dan tak perlu menggunakan tenaga mesin.

Peralatan yang Anda siapakan antara lain:
  • ketel
  • panci untuk memasak boba
  • saringan
  • wadah untuk menyimpan teh
Kemudian bahan pembuat boba antara lain:
  • tapioka
  • air
  • black tea yang akan menjadi pewarna sekaligus perasa teh
Khusus black tea memang sangat tepat untuk boba lantaran jika Anda tambah susu maka diperlukan teh dengan aroma yang kuat. Inilah yang menjadi alasan mengapa Anda memilih black tea.

2. Lokasi berjualan boba

Berbicara mengenai jualan minuman kemasan ada faktor lain yang harus Anda perhatikan, yakni lokasi berjualan. Masalahnya, mungkin saja budget yang Anda miliki untuk sewa tempat tergolong minim. Maka, Anda harus survei tempat dan mencari yang harga sewanya tak terlalu mahal.

Satu tempat yang selalu ramai adalah sekolah. Jika sewa tempat tak terlampau mahal, Anda bisa berjualan boba di sekolah. Tapi jika modal yang Anda miliki benar-benar minimalis, maka Anda tetap dapat berjualan boba di rumah.

Untuk berjualan boba di rumah, modal 500 ribu sudah cukup untuk mulai berjualan. Pasalnya, Anda tak perlu sewa booth dan tak perlu beli colder jika sudah punya kulkas. Apalagi peralatan rumah tangga sudah tentu ada, seperti panci dan saringan. Anda hanya perlu membeli bahan baku saja, seperti teh, tapioka, susu, dan gelas plastik.

3. Keuntungan berjualan minuman boba

Dalam bisnis boba milk tea, keuntungan yang Anda dapatkan bisa berkali lipat. Misalkan, Anda menjual satu gelas Rp 15.000 dengan untung Rp 10.000, maka jika terjual 30 gelas per hari Anda bisa mendapatkan untung Rp 300.000 per hari. Tapi Anda sebenarnya juga dapat menjual lebih murah lagi dari harga di atas karena Anda juga harus memperhatikan daya beli masyarakat di sekitar tempat berjualan.

Selain menjual secara offline, Anda juga bisa menjual boba secara online. Jangkauan online lebih luas daripada offline dan Anda dapat mengandalkan media sosial untuk mempromosikan bisnis minuman boba.

Pada dasarnya, usaha minuman Anda dapat bertahan jika Anda terus melakukan modifikasi dan memperluas jangkauan penjualan pasar. Selain itu, perlu diperhatikan juga kebersihan atau higienistas peralatan dan bahan agar konsumen selalu mempercayai produk Anda.

Demikianlah informasi mengenai cara berbisnis minuman boba dengan modal minimalis. Semoga membantu!

Posting Komentar untuk "3 Tips Bisnis Minuman Boba dengan Modal Minimalis"

Berlangganan via Email