Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Peluang Bisnis Menjanjikan di Era New Normal

Zhinkadiary.com - Pemberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) telah membuat banyak perusahaan gulung tikar. Regulasi dari pemerintah ini mengakibatkan hampir sebagian besar bidang ekonomi terkena dampak. Desain bisnis pun kini telah menyesuaikan diri dan menciptakan peluang-peluang usaha baru.

Era New Normal menyebabkan pengusaha harus berpikir panjang dengan menyesuaikan bidang bisnis dengan perubahan yang terjadi. Contoh paling jelasnya adalah bagaimana para pekerja tak lagi hadir di kantor, melainkan bekerja secara remote atau work from home.

peluang bisnis menjanjikan
Source: mohamed_hassan/Pixabay

Cara berbisnis model baru ini memang menguntungkan sebagian pebisnis yang sudah masuk ke ranah, seperti e-commerce, layanan pengiriman barang, serta layanan online kesehatan (e-health). Karena itu, model bisnis konvensional akan tertinggal jauh jika tidak memanfaatkan peluang menggunakan sentuhan "teknologi".

Setidaknya, seperti dikutip dari Katadata, terdapat 10 pergeseran dalam perilaku kehidupan manusia di era New Normal ini. Nah, pergeseran inilah yang menjadi peluang bisnis baru bagi Anda. Zhinkadiary.com sudah merangkumnya untuk Anda.

1. Peluang usaha biro psikologi

Akibat terisolasi di rumah selama pandemi mengakibatkan banyak orang mengalami stres. Stres ini bukan hanya karena rasa bosan berada di rumah, melainkan karena pemutusan hubungan kerja (PHK), bisnis bangkrut, dan masalah kesehatan.

Itu sebabnya, pelayanan kesehatan mental dapat menjadi peluang bisnis moncer di masa pandemi. Pelayanan kesehatan ini dapat berupa "biro psikologi" yang melakukan terapi mental dengan psikolog atau psikiater. Pasien dapat langsung bertemu psikolog atau juga melalui layanan online.

2. Peluang usaha retail/hospitality

Semenjak pandemi corona melanda dunia, kebersihan menjadi prioritas dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Tidak hanya di rumah tangga saja, melainkan di kantor-kantor pun orang-orang jadi lebih berhati-hati pada suatu hal yang kurang bersih.

Hal tersebut membuka peluang bisnis retail atau hospitality yang memberikan jasa gratis untuk kebersihan baik pada produk maupun pada layanan pengantaran tanpa kontak langsung.

3. Peluang usaha pariwisata lokal

Dampak pandemi yang meluas menyebabkan industri pariwisata terganggu. Misalnya, pembatasan perjalanan dari satu negara ke negara lain. Belum lagi adanya risiko tertular covid selama perjalanan atau ketika berada di negara lain.

Kondisi tersebut tentunya membuka peluang usaha pada industri pariwisata lokal. Meskipun saat ini pariwisata lokal terkena dampak, bukan mustahil di era New Normal ini akan jauh lebih berkembang daripada sebelumnya.

4. Peluang usaha kursus online bersertifikat

PSBB menyebabkan setiap orang berkomunikasi menggunakan gadget atau laptop. Begitu pun meeting digelar menggunakan aplikasi seperti Google Meet atau Zoom. Banyak perusahaan yang bergerak dalam edutech merasakan peningkatan omzetnya dikarenakan belajar kini tak harus bertatap muka, tetapi secara virtual.

Anda pun bisa mencoba membuat kursus online besertifikat sehingga dapat menjaring banyak orang dari berbagai tempat. Kursus online ini bisa menyasar kalangan-kalangan tertentu, misalnya Ruang Guru yang menjadi langganan aplikasnya adalah anak-anak sekolah atau Arkademi yang membuka berbagai macam kursus online mengenai vokasi atau keahlian.

5. Peluang usaha tempat makan individual

Usaha kuliner pada masa New Normal akan tetap berdiri, tetapi modelnya mungkin akan bergeser. Jika sebelum pandemi konsumen bisa makan berdempet-dempetan, kemungkinan besar ke depannya model tempat makan menggunakan sekat individual. Hal ini untuk meminimalkan interaksi secara langsung dengan pengunjung lain.

Peluang bisnis ini bisa menjadi celah bagi pengusaha kuliner agar bisnisnya tetap berjalan. Anda bisa menggunakan sekat-sekat pada meja makan sehingga konsumen menjadi lebih nyaman dan tak bersentuhan langsung dengan orang lain. Bahkan di beberapa negara, para pengusaha kuliner membuat dobrakan yang keren seperti menggunakan robot pelayan untuk melayani para pengunjung.

Itulah lima peluang bisnis baru pada masa New Normal yang semoga saja bisa menjadi inspirasi bagi Anda. Semoga membantu…..

Posting Komentar untuk "5 Peluang Bisnis Menjanjikan di Era New Normal"

Berlangganan via Email