Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Bubuk Cincau Hijau untuk Usaha Minuman

Zhinkadiary.com – Bubuk cincau hijau adalah komponen utama untuk membuat minuman segar es cincau. Es cincau ini sudah dikenal sejak lama oleh masyarakat Indonesia. Cincau berbentuk gel yang serupa agar-agar yang diproses dari perendaman daun di dalam air.

Di Indonesia ada empat jenis tanaman cincau yang biasa digunakan untuk membuat minuman, yakni cincau perdu, cincau hitam, cincau hijau, dan cincau minyak. Cincau hijau sendiri mempunyai manfaat kesehatan, seperti memiliki serat yang tinggi, dapat menjaga daya tahan tubuh agar tetap stabil, dan meredakan radang tenggorokan.

Dalam proses pembuatannya, cincau hijau lebih mudah ketimbang cincau hitam. Lembaran daun cicau hanya perlu diremas dengan air matang sampai keluar sari-sarinya. Kemudian, air disaring hingga terpisah dari ampas. Kemudian didiamkan selama kurang lebih empat jam. Setelah itu, bisa langsung disajikan. Hanya, daya tahan cincau hijau tidak lama.

Bubuk Cincau Hijau

Berikut ini kandungan nutrisi dalam 100 gram daun cincau:
  • Kalori 122 kal
  • Protein 6 gram
  • Karbohidrat 29 gram
  • Besi 3,3 mg
  • Kalsium 100 mg
  • Fosfor 100 mg
  • Vitamin A 107 mg
  • Vitamin C 17 mg
  • Vitamin B1 80 mg
  • Air 66 gram

Karakteristik kualitas bubuk cincau

Sekarang ini, jika Anda ingin berbisnis menjual minuman berbahan baku daun cincau, maka bahan yang dibutuhkan adalah bubuk daun cincau. Bukan lagi saripati cincau yang berbentuk agar-agar. Bubuk ini dinilai lebih awet tahan lama dan lebih praktis dalam penyimpanan maupun pembuatannya.

Dalam memilih bubuk cincau yang berkualitas, Anda harus melihat karakteristik bubuknya. Satu hal yang harus Anda perhatikan adalah warna pada bubuk cincau tersebut.

Pasalnya, ketika cincau dikeringkan pada suhu yang terlalu tinggi, yaitu di atas 60 derajat Celcius, maka akan bubuk cintau akan mengalami penurunan warna kehijauan. Hal ini bisa terjadi karena klorofil pada cincau mudah rusak pada suhu tinggi. Begitu pun masa pengeringan yang terlalu lama juga dapat meningkatkan kerusakan pigmen pada bubuk cincau.

Kesimpulan

Demikianlah dalam memilih bubuk cincau hijau harus lebih cermat. Apalagi bubuk yang Anda beli bukan berasal dari merek atau brand terkenal. Perhatikan juga bagaimana bubuk cincau tersebut dikemas dan plastik yang digunakan apakah tepat untuk bubuk cincau. Soalnya, jika kemasan yang digunakan tidak tepat, maka bisa terjadi perubahan pada warna, aroma, dan bahkan kualitas gizi dari bubuk cincau tersebut.

Posting Komentar untuk "Cara Memilih Bubuk Cincau Hijau untuk Usaha Minuman"

Berlangganan via Email