6 Makanan Khas Betawi yang Harus Kamu Coba sebelum Benar-Benar Punah

Zhinkadiary.com - Makanan khas Betawi apa saja yang pernah kamu coba? Biasanya orang-orang paling tahu makanan seperti kerak telor atau toge goreng. Padahal masih ada beberapa jenis makanan Betawi yang hingga kini keberadaannya terancam hampir punah.

Sayang banget kalau hampir punah. Soalnya, kuliner lokal termasuk kekayaan bangsa yang harus kita lestarikan. Sebagai generasi muda, kita wajib menjaga warisan-warisan kuliner lokal agar tidak hilang ditelan zaman.

Padahal makanan-makanan khas Betawi yang hampir punah ini juga memiliki cita rasa yang tidak kalah enak dan bisa menjadi pilihan jajanan kuliner.

Mau tahu apa saja sih kuliner lokal Betawi itu? Yuk simak selengkapnya ulasan Zhinkadiary.com berikut ini!

1. Sayur babanci

Makanan khas Betawi sayur babanci
Sumber gambar: instagram/rasasayange

Sayur babanci merupakan masakan khas Betawi yang dari namanya saja sangat unik. Konon, nama babanci ini berasal dari kata "Babah" dan "Enci".

Selain itu, sayur ini dibuat dari kombinasi dari soto, kari, dan gulai. Bagi yang suka kuah kenal, bisa cobain sayur babanci ini.

2. Sayur besan

Makanan khas Betawi sayur besan
instagram/adellaalgadrie

Apa yang terpikir dari nama sayur ini? Apakah ada hubungannya dengan besan yang berarti orang tua dari menantu? Yup, di Betawi sendiri sayur ini dihidangkan pada acara adat pernikahan.

Untuk membuat sayur ini sebenarnya tidak sulit, tetapi bahan utamanya adalah sayur terubuk yang sangat sulit dicari sekarang ini.

3. Bubur ase

Makanan khas Betawi bubur ase
Instagram/dapurrumahbunda

Makanan yang satu ini memadukan tiga jenis makanan sekaligus, yaitu bubur nasi, kuah semur, dan kentang. Rasanya? Enak dan gurih. Apalagi ditambah taburan teri, daun kucai, bawang goreng, dan kacang tanah goreng. 

Menu makanan ini pas banget untuk kamu yang suka perpaduan beberapa jenis makanan dijadikan satu mangkuk. Meskipun masih ada yang menjualnya, bubur ase terbilang sangat jarang ditemukan.

4. Sengkulun

Makanan khas Betawi sengkulun
Instagram/lilieho

Ada yang pernah mendengar jenis makanan ini? Makanan khas Betawi ini bernama sengkulun. Penampilannya memang agak mirip dengan kue keranjang.

Kue asli Betawi ini paling nikmat dicocol dengan kelapa parut. Biasanya, orang Betawi menikmati sengkulun sembari ditemani minum kopi atau teh.

5. Kue rangi

Makanan khas Betawi kue rangi
Instagram/vv_luv_eatntravel

Kue rangi atau yang di Betawi disebut sagu rangi adalah camilkan khas Betawi yang juga hampir dilupakan. Berbahan utama tepung kanji dicampur kelapa parut membuat kue ini jadi legit dan gurih.

Kue ini lazimnya dibaluri gula merah yang kental. Terkadang kue rangi masih dijajakan di pinggir jalan. Bagi yang suka street food, boleh dicoba kue yang satu ini.

6. Kue dongkal

Makanan khas Betawi kue dongkal
Instagram/tangsel.life

Kue dongkal bentuknya menarik seperti kerucut nasi tumpeng. Di Betawi, kue ini biasanya diberi alas daun pisang dan ditaburi parutan kelapa.

Kue ini juga hampir punah dan biasanya dijual di kaki lima. Kalau ketemu penjual kue ini, jangan lupa untuk mencobanya, ya!

Nah, itu dia enam makanan khas Betawi yang hampir punah. Makanan mana yang pernah kamu coba? Atau barangkali ada jenis kuliner Betawi lainnya yang hampir punah? Tulis di kolom komentar, ya.

Belum ada Komentar untuk "6 Makanan Khas Betawi yang Harus Kamu Coba sebelum Benar-Benar Punah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel