Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Rekomendasi Pilihan Mainan Edukasi untuk Anak Usia 1 Tahun

Zhinkadiary.com - Ketika anak menginjak usia 1 tahun, sudah banyak pencapaian dan perkembangan pada dirinya. Di usia ini, anak-anak menyempurnakan motorik halus dan kasarnya. Selain itu, ia juga terus berlatih berjalan (di beberapa anak bahkan sebelum 1 tahun sudah ada yang dapat berjalan), melatih koordinasi, dan memasuki tahap perkembangan sosial pertamanya.

Dengan demikian, tonggak perkembangan anak pada usia tahun tahun antara lain:
  • Fisik
  • Kognitif
  • Sosial dan emosional
Dalam perkembangan fisiknya, si anak sudah mampu melakukan tendangan bola, melemparkan objek ke depan, atau menari. Dalam perkembangan kognitif, si anak sudah lebih baik dalam menghibur dirinya, melakukan penjelajahan dengan suatu tujuan, dan dapat meniru rutinitas orang di rumah (menyapu, mengepel). Untuk tahap perkembangan sosial dan emosional, si anak pun sudah mampu menunjukkan kasih sayang dengan cara tersenyum, memeluk, atau memberikan ciuman. Ia juga mampu memilih preferensi mainannya sendiri.

Mainan anak edukasi usia 1 tahun
Source: FeeLoona/Pixabay

Sebagai orang tua, Anda tentu memiliki rasa bangga terhadap perkembangan anak di usia satu tahun ini. Pasalnya, ada saja tingkah laku si anak yang berbeda dan jauh lebih baik dari bulan-bulan sebelumnya. Misalnya, si anak sering mengoceh, berjalan-jalan, meraih semua yang ada di depan matanya atau dapat menunjukkan rasa sayangnya kepada Anda.

Perlu Anda catat, bahwa tonggak perkembangan usia 1 tahun anak itu sangat bervariasi, sehingga tiap-tiap anak memiliki perkembangan yang berbeda-beda. Mungkin saja, Anda ingin menghadiahi si anak yang akan berulang tahun pertama ini dengan mainan yang tidak hanya menghiburnya, tetapi juga dapat membuat anak menguasai keterampilan motorik halus dan kasarnya.

Lalu, permainan edukasi apa saja yang tepat sesuai dengan usia perkembangan anak Anda? Setidaknya, sebelum membeli mainan, Anda harus terlebih dahulu mengetahui tipe dan jenis permainan anak berdasarkan usia mereka.

Jenis-jenis permainan untuk anak 1 tahun

  • Pertama, mainan yang sesuai untuk usia 1 tahun adalah permainan yang dapat mendorong kesempurnaan koordinasi si anak. Pilihlah mainan yang dapat mengembangkan sekaligus meningkatkan koordinasi motorik kasar dan halus.
  • Kedua, mainan yang membuat anak lebih sering bergerak. Bergerak di sini artinya, permainan yang dapat didorong atau ditarik anak menggunakan tali. Permainan ini dapat menyempurnakan anak yang sedang belajar berjalan.
  • Ketiga, permainan yang berwarna cerah. Pada perkembangan usia 1 tahun, mata anak lebih mudah untuk membedakan warna-warna cerah ketimbang warna gelap/pastel. Untuk itu, pilihlah mainan yang berwarna terang.
  • Keempat, mainan yang melatih perkembangan sosial. Meskipun di usia 1 tahun ini si anak belum bersosial dalam arti yang sebenarnya, tetapi Anda dapat melatih anak bersosialisasi dengan permainan paralel (mobil-mobilan yang dapat dipinjamkan ke temannya). Artinya, si anak bermain di samping balita lain.
Setelah mengetahui empat jenis permainan yang cocok untuk balita Anda, kini Zhinkadiary.com berikan rekomendasi mainan anak usia 1 tahun.

1. Puzzle binatang

Anak usia 1 tahun sangat suka beragam jenis binatang. Nah, puzzle merupakan salah satu mainan edukasi yang tepat untuk anak 1 tahun. Tapi ingat ya, puzzle ini bukanlah puzzle yang rumit, melainkan puzzle sederhana yang memiliki tombol jumbo untuk pegangan tangan kecil si anak. Puzzle ini dapat melatih koordinasi tangan anak. Pilihlah gambar binatang dan warna yang menarik untuk anak Anda.

2. Alat musik pukul

Alat musik merupakan permainan yang paling disukai anak balita 1 tahun. Pilihlah alat musik yang mudah dimainkan, seperti alat musik yang jika dipukul dapat mengeluarkan bunyi. Alat musik yang dipukul ini dapat mengembangkan koordinasi tangan dan mata serta ketangkasan anak.

3. Mainan yang ditarik

Anda dapat membelikan buah hati dengan mainan yang dapat ditarik. Jenis mainan ini bisa berbentuk binatang yang memiliki roda di bagian bawah. Misalnya, binatang siput yang memiliki cangkang berwarna-warni yang dapat ditarik menggunakan tali. Permainan ini sangat baik bagi perkembangan motorik dan koordinasi tangan dan kaki si anak.

4. Mobil-mobilan

Mobil-mobilan adalah jenis mainan yang populer dan mudah ditemukan di toko mainan. Hampir setiap anak paling suka mendorong-dorong mobil ini agar bergerak sesuai dengan keinginan si anak. Permainan ini dapat membantu anak meningkatkan dan menguatkan koordinasi kakinya. Anda tentu dapat memilih jenis permaian ini dengan warna yang cerah agar menarik minat si anak.

5. Balok susun

Anda dapat melatih anak mengenal warna dengan menggunakan balok susun. Balok susun ini pilihlah yang berbentuk  kubus atau persegi panjang yang memiliki warna-warna berbeda. Sembari bermain menyusun dari bawah ke atas, kenalkan anak dengan berbagai jenis warna. Permainan ini dapat melatih koordinasi tangan dan mata anak dalam menyusun balok.

6. Aktivitas di luar rumah/perosotan

Beraktivitas di luar rumah merupakan kegiatan yang juga disukai anak. Ketika baru belajar berjalan, tentu si anak tidak akan bisa diam. Ia akan terus berjalan seolah-olah tidak pernah lelah. Apalagi ketika koordinasi kaki anak sudah mantap, maka luar rumah merupakan tempat yang paling diminati karena mereka akan lebih leluasa berlari. Selain berlari atau berjalan, Anda juga bisa mengajak anak main perosotan. Permainan perosotan ini juga dapat melatih anak dalam motorik kasarnya. Jika Anda ingin mainan perosotan di dalam rumah, maka belilah mainan perosotan yang terbuat dari plastik. Pilihlah warna yang menarik dan yang paling penting permainan ini aman dimainkan anak-anak.

Demikianlah rekomendasi permainan edukasi yang dapat Anda pilih untuk usia anak 1 tahun. Semoga membantu!

Rekomendasi toko mainan anak

Jika Anda ingin membeli mainan edukatif, imajinatif, dan berbagai jenis mainan anak dapat membelinya di Galaksi Mainan.

Posting Komentar untuk "6 Rekomendasi Pilihan Mainan Edukasi untuk Anak Usia 1 Tahun"

Berlangganan via Email