Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Product Manager

Setiap perusahaan atau khususnya startup (perusahaan teknologi) tentunya memiliki seorang product manager (PM). Tanpa PM, skala bisnis startup tidak akan berjalan lancar karena fungsi utama PM adalah menjaga agar produk perusahaan selalu dibutuhkan masyarakat. PM juga harus menjaga keseimbangan antara produk dan pasar tetap berjalan sesuai dengan rencana strategis perusahaan.

Karena posisinya yang penting tersebut, PM juga bertanggung jawab memandu kesuksesan suatu produk dan memandu lintas fungsional antara tim teknik, pemasaran, penjualan, dan support tim. Kepemimpinan PM dalam banyak lintas departemen ini bertujuan untuk mengonsep produk hingga ke tahap launching produk.

Tugas Product Manager
Sumber gambar: Pixabay/geralt

PM juga bertugas menetapkan strategi, roadmap, dan definisi fitur untuk suatu produk atau lini produk. Selain itu, PM mengetahui proses pembentukan suatu produk, dari yang berawal pada ide hingga produk yang sudah siap digunakan masyarakat. Setelah launching, pekerjaan PM tidak berhenti sampai di situ, ia juga bertanggung jawab dalam pemasaran dan untung-rugi perusahaan.

Tak hanya membuat produk, PM juga diminta memberikan pendapat tentang produk secara mendalam yang dibutuhkan untuk membuat keputusan strategis. Sejatinya, PM haruslah seorang yang berpikir jauh ke depan karena dialah yang menetapkan visi produk perusahaan.

Jika di atas sudah dijelaskan gambaran singkatnya, maka berikut ini Zhinkadiary.com kutip dari aha.io mengenai aspek-aspek inti kepemimpinan seorang product manager:

1. Strategi

Product manager bertanggung jawab menetapkan visi dan strategi produk. Tugas PM adalah mengartikulasikan nilai bisnis dengan jelas ke tim produk sehingga mereka memahami maksud di balik produk yang baru dirilis. PM mempunyai roadmap dan harus memprioritaskan membangun apa yang paling penting untuk mencapai tujuan dan inisiatif strategis di belakang produk.

2. Rilis

Product manager harus merencanakan apa yang akan disampaikan oleh tim mereka berdasarkan jadwal pelaksanaan. Hal ini dilakukan dengan metodologi pengembangan yang digunakan tim engineer. PM bertanggung jawab untuk mendefinisikan proses rilis dan mengoordinasikan semua kegiatan yang diperlukan untuk membawa produk ke pasar.

PM juga menjembatani kesenjangan antara berbagai fungsi dalam perusahaan dan menyelaraskan semua tim yang terlibat, yakni pemasaran, penjualan, dan customer support. Tanggung jawab PM juga mengelola dependensi di dalam dan di waktu perilisan untuk menyelesaikan fase rilis dan milestones.

3. Membuat ide

Setiap organisasi menginginkan ide yang lebih baik, tetapi kadang sulit untuk mengelola dan memprioritaskannya. Product manager setidaknya kreatif dalam menghasilkan, mengembangkan, dan mengkurasi ide-ide baru. Mereka menentukan ide mana yang harus diprioritaskan menjadi fitur untuk mendorong strategi produk, yaitu mencapai tujuan utama produk dan bisnis. Untuk mencapai tujuan, PM juga memastikan terjadinya umpan balik dan integrasi ke dalam proses perencanaan dan pengembangan produk.

4. Fitur

Product manager memprioritaskan fitur dengan ranking terhadap sasaran dan inisiatif strategis. Hal ini membutuhkan pengambilan keputusan trade-off yang sulit berdasarkan nilai yang diberikan fitur baru kepada pelanggan. PM juga bertanggung jawab menentukan persyaratan untuk setiap fitur dan pengalaman pengguna. PM bekerja erat dengan engineer untuk spesifikasi teknikal dan memastikan bahwa tim memiliki semua informasi yang mereka butuhkan untuk mengirimkan produk secara komplet ke pasar.

Membangun produk yang hebat adalah suatu kebanggaan. Produk yang sukses adalah produk yang membantu memberikan solusi pada pelanggan. Hal ini tentu dimulai dari product manager yang bertanggung jawab atas tugas dan peran mereka dalam megelola dan mendefinisikan suatu produk.

Demikianlah, tugas dan tanggung jawab seorang product manager. Semoga membantu!

Posting Komentar untuk "Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Product Manager"

Berlangganan via Email