Tips Memilih Laptop Baru Berkualitas dan sesuai dengan Kebutuhan

Laptop adalah salah satu benda elektronik yang sangat dibutuhkan pada zaman modern ini. Fungsinya antara lain dari mulai untuk bekerja hingga untuk sekedar menghibur. Hampir setiap orang terutama generasi milenial ke bawah tentu sudah tidak asing lagi dengan laptop. Bahkan dalam rutinitas keseharian, laptop adalah benda yang selalu dibawa ke mana pun kita pergi.

Tidak dapat disangkal lagi bahwa keberadaan laptop bisa dikatakan penting. Bukankah kita kerja di kantor, jika tidak menggunakan PC, maka laptop akan menjadi penggantinya. Urusan pekerjaan pun bisa terbengkalai jika laptop yang kita gunakan rusak, error, dan sejumlah masalah lain. Pengguna laptop pastinya sudah paham betul bahwa masalah-masalah tersebut kadang atau bahkan sering dialami.

Bagaimana jadinya jika laptop yang kita gunakan sehari-hari tidak awet? Padahal laptop tersebut baru dibeli belum lama, tetapi masa pakai laptop justru malah singkat. Kondisi demikian sangat tidak menguntungkan. Bukan karena laptop yang bermasalah tidak bisa digunakan untuk bekerja, melainkan terkadang kita menyimpan seluruh data di dalam laptop tersebut. Hal yang paling menyedihkan adalah ketika data-data di dalam laptop tersebut hilang!

tips memilih laptop baru
Sumber gambar: Pixabay/Pexels

Bagi kamu yang hendak membeli laptop baru, maka kamu harus memilih dan memilah dengan cermat. Jangan sampai karena tergiur harga murah tetapi di kemudian hari justru menyusahkan, atau malah kita membeli laptop dengan harga yang sangat mahal, padahal pekerjaan kita sehari-hari tidak membutuhkan kecanggihan komponen dari laptop tersebut.

Dalam artikel ini, Zhinkadiary.com akan memandu kamu dalam memilih laptop baru yang berkualitas. Pasalnya, di pasaran terdapat banyak merek laptop yang harganya bersaing dan hal ini setidaknya membuat kamu jadi bingung mau pilih yang mana.

1. Spesifikasi laptop sesuai kebutuhan

Sewaktu hendak membeli, kamu harus mempertimbangkan ukuran laptop. Apakah kamu menggunakan laptop hanya untuk sekedar mengetik karena pekerjaan kamu adalah seorang editor buku? Apakah kamu membeli laptop karena untuk menunjang pekerjaan sebagai editor video?

Dari dua jenis pekerjaan itu saja kamu harus memutuskan mana laptop yang paling cocok. Pasalnya, ukuran layar yang terdapat pada laptop akan mempengaruhi ukuran laptop.

Kamu juga bisa mempertimbangkan berdasarkan rutinitas keseharian. Jika kamu orang yang mobile dan sering keluar kantor, maka yang kamu butuhkan adalah ukuran laptop yang kecil. Alasannya, agar kamu dapat bergerak dengan leluasa.

Begitupun jika kamu adalah seorang desainer grafis, editor video, atau gamer, maka laptop yang kamu butuhkan adalah yang memiliki spesifikasi khusus dan bertenaga besar. Sudah tentu ukuran laptop jenis kedua ini berbeda dengan yang jenis pertama.

Untuk membedakan kedua jenis laptop tersebut, perhatikan ukurannya sebagai berikut:
  • Laptop jenis pertama ukurannya 12,5-13,3 inci dengan bobot berat 1-1,5 kilogram
  • Laptop jenis kedua ukurannya 14-17,3 inci dengan bobot mencapai 2 kilogram.

2. Mengecek kondisi fisik

Jangan membeli kucing dalam karung. Ungkapan ini ada benarnya ketika kamu membeli laptop. Sebelum membayar, sebaiknya perhatikan dulu kondisi fisiknya seperti:
  • LCD
  • kerangka luar laptop
  • tombol power
  • keyboard
  • touchscreen
  • dan sebagainya
Begitu pun ketika membeli laptop second, harus lebih cermat lagi memperhatikan kondisi fisiknya.

3. Memilih sistem operasi

Sebelum membeli laptop, kamu harus menentukan sistem operasi apa yang akan digunakan. Orang awam yang belum berpengalaman tentu akan bingung ketika menghadapi permasalahan ini. Pasalnya, laptop yang dijual di pasaran umumnya sudah termasuk sistem operasinya.

Secara garis besar, di pasaran Indonesia sendiri terdapat tiga jenis sistem operasi baik dalam PC maupun laptop:
  • Windows: Siapa yang tidak tahu OS Windows? Tentunya banyak sekali komputer rumahan maupun laptop yang menggunakan OS ini. Dari waktu ke waktu OS Windows selalu diperbarui dan saat ini yang baru rilis adalah Windows 10.
  • Macbooks: Anak milenial dan Gen Z yang bekerja di kantoran banyak yang menggunakan produk Apple, yakni Macbooks, dengan sistem operasi Mac. Kelebihan sistem operasi Mac adalah anti terhadap virus sehingga data pengguna akan aman di dalamnya. Macbooks juga andal untuk kamu yang bekerja di bidang video editor. Harganya bisa dibilang lebih mahal ketimbang harga laptop jenis lainnya.
  • Chrome OS: Google juga mengeluarkan produknya, yakni Chrome OS, yang tak kalang modern dan canggih. Uniknya, Chrome dapat menggunakan aplikasi Android yang terdapat pada gadget kamu.

4. Baterai

Fungsi baterai dalam laptop adalah hal yang paling signifikan. Pasalnya, baterai ini akan menunjang semua aktivitas kamu ketika menggunakan laptop. Jika kamu adalah seorang penulis, adakalanya membutuhkan daya tahan baterai yang kuat  berjam-jam. Apalagi ketika kamu sedang berada di tempat yang tidak bisa charge baterai.

Berbeda halnya jika kamu adalah seorang gamer, maka baterai yang kamu butuhkan adalah yang memiliki kapasitas besar karena game membutuhkan pasokan listrik yang besar tentunya. Dengan begitu, kamu dapat mempertimbangkan membeli laptop beserta baterai dengan daya dan kekuatan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

5. Garansi

Ketika membeli laptop, kamu harus memperhatikan apakah ada garansi pada produk yang kamu beli. Jika tidak ada, pertimbangkan ulang. Jika ada garansi biasanya kamu harus memperlihatkan kartu garansi pada saat pembelian. Untuk itu, simpan baik-baik kartu garansi selama masa garansi tersebut, jangan sampai hilang.

Pasalnya, selama masa garansi, jika laptop kamu mengalami kerusakan, maka kamu tak perlu mengeluarkan biaya servis yang besar.

6. Merek laptop

Sering kali orang membeli laptop berdasarkan mereknya. Bahkan ada orang yang membeli laptop tanpa mengecek kondisi fisiknya terlebih dahulu karena sudah percaya dengan mereka tertentu. Yup, merek laptop juga memang ikut menentukan kualitas dari produk tersebut. Tapi tentu setiap merek memiliki spesifikasi dan kualitas yang berbeda-beda. Ada yang unggul pada satu apsek dan kurang unggul di aspek yang lain. Berikut ini adalah contoh merek laptop yang sudah terkenal:
  • Apple
  • Lenovo
  • Microsoft
  • Asus
  • Dell
  • HP
  • Acer
  • Toshiba
  • Samsung

7. Kelengkapan konektivitas

Ketika hendak beli laptop baru, jangan sampai lupa mengecek kelengkapan konektivitas. Apa itu kelengkapan konektivitas? Koneksi WiFi, LAN, HDMI/VGA, dan port USB (pilihlah minimal ada 3 buah port USB). Untuk laptop yang super tipis, cek kelengkapan USB Type-C.

8. Kapasitas RAM

RAM akan mempengaruhi kinerja laptop kamu. Semakin besar RAM, maka kinerja laptop kamu semakin cepat dan kencang. Sebelum membeli, kamu dapat menentukan kapasitas RAM yang kamu butuhkan. Misalnya, laptop gaming memerlukan RAM sebesar 8 GB atau lebih besar.

Setidaknya beberapa hal yang sudah disebutkan di atas dapat menjadi panduan kamu dalam memilih laptop yang baru. Jangan sampai terkecoh karena laptop bukanlah barang yang murah. Perlu uang jutaan untuk membelinya. Karena itu, kamu harus pandai dan cermat dalam memilihnya agar di kemudian hari tidak menyesal. Semoga artikel ini membantu kamu!

Belum ada Komentar untuk "Tips Memilih Laptop Baru Berkualitas dan sesuai dengan Kebutuhan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel