Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Merk Cat Dasar Besi yang Terbaik dan Tahan Lama

Cat dasar dapat kamu gunakan sebelum menggunakan cat biasa. Namun sebelum memakai cat dasar, lihatlah terlebih dahulu kondisi bahan (tembok/besi), apakah sudah layak diaplikasikan cat dasar atau belum.

Nyatanya banyak orang yang belum mengetahui fungsi dari cat dasar. Bahkan ada yang langsung mengecat tanpa terlebih dahulu melihat kondisi permukaannya.

Oleh karena itu, cat dasar berfungsi untuk membuat lapisan cat menempel dengan sempurna dan membuat cat lebih tahan lama alias awet.

Logam seperti besi yang terkena curahan hujan hingga panas matahari tentu akan cepat rusak dan aus jika tak dilapisi dengan cat. Selain itu, logam yang dilapisi cat dapat tahan karat dan memberikan nilai estetika pada ornamen besi.

Apakah kamu rajin mengecat besi di rumah atau membiarkannya begitu saja? Zhinkadiary.com berikut ini akan memberikan bocoran tentang pilihan cat dasar besi yang terbaik dan tahan lama bagi furnitur rumah yang menggunakan bahan besi. Yuk, disimak selengkapnya!

Cat Dasar Besi
Sumber gambar: Pixabay/hpgruesen

1. Cat dasar besi anti karat - Bodelac 2-in-1

Cat dasar Bodelac 2-in-1 keluaran Nippon Paint ini dapat menjadi pilihan untuk melapisi besi-besi di rumah kamu. Cat anti karat (primer+top coat) ini kuat terhadap cuaca, menghemat watku, berdaya kilap tinggi, serta memiliki varian warna yang menarik.

Bodelac 2-in-1 ini merupakan cat anti karat berjenis sintetis alkyd yang menjadi cat dasar sekaligus cat akhir yang menjadi satu dalam satu kaleng.

Baca juga: Cara Mengecat Tembok dengan Roll yang Benar dan Bagus Hasilnya

Selain itu, Bodelac 2-in-1 dapat kamu aplikasikan pada pintu besi, teralis besi, tangga besi, konstruksi baja, talang besi, rak besi, kura rangka baja, dan sebagainya.

Untuk penggunaannya, Bodelac 2-in-1 dapat diencerkan 0-20% Bodelac Thinner. Sedangkan aplikasi yang dapat digunakan adalah roll, kuas, serta airless spray. Waktu pengeringannya: (1) kering sentuh 2 jam dan (2) kering keras 8 jam. Sementara itu, interval pengecatan selanjutnya berjarak 16 jam.

2. Cat dasar besi epoxy - Nippon EA-4 Finish

Cat dasar epoxy merupakan cara untuk terbaik untuk melindungi pori-pori permukaan besi dan berguna untuk menambah daya lekat cat. Tapi ingat ya, sebelum melakukan epoxy, jika ada luka baret yang cukup dalam, harus dilakukan dempul terlebih dahulu agar hasilnya maksimal.

Untuk pilihan cat dasar epoxy, kamu dapat menggunakan Nippon EA-4 Finish. Cat ini terdiri dari base dan hardener serta sangat pas jika diaplikasikan menjadi cat finish pada struktur baja/besi, lantai beton, atau keramik.

Keunggulan Nippon EA-4 Finish ini adalah memiliki tingkat kekerasan yang bagus, ketahanan terhadap abrasi ataupun bahan kimia.

3. Cat dasar besi galvanis - Kind Cold Galvz

Cat besi galvanis merupakan jenis cat yang dapat melindungi lapisan besi dari korosi. Cat galvanis ini biasanya digunakan untuk mengecat pipa, tiang listrik, jembatan, palang, dan sebagainya.

Sifat cat dasar galvanis adalah dapat digunakan pada permukaan karat dan permukaan besih. Cat ini juga dapat melindungi besi, baja, aluminium, beton, kayu, hingga kaca fiber.

Cat galvanis yang bagus adalah memiliki daya rekat yang baik, tahan goresan, keropos, tahan api/air, termasuk tahan dari zat kimia. Bahkan juga dapat tahan pada air laut dan kebal di segala cuaca.

Merek cat galvanis yang dapat kamu coba adalah Kind Cold Galvz. Pelindung lapisan besi ini mengandung pigmen aluminium, Zinc, serta resin yang dapat menghindari korosi di hampir semua jenis besi.

Keunggulan Kind Cold Galvz antara lain: fleksibel, mudah dipakai, memiliki ikatan yang tinggi pada besi, serbaguna, sebagai primer coating, dan sebagainya.

4. Cat dasar besi Avian

Cat dasar merek Avian ini adalha pelbagai macam. Kamu dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Pertamam Platinum Synthetic, Avian Cat Kayu dan Besi, Yoko High Gloss Enamel, serta Glovin.

5. Cat dasar besi Kansai

Cat dasar besi merek Kansai dapat menjadi pilihan kamu untuk melindungi lapisan besi dari karat dan cuaca ekstrem yang tak menentu.

Cat ini mempunyai mutu yang tinggi karena dapat melindungi dan mempercantik logam besi/kayu. Keunggulan cat Kansai adalah cepat kering, memiliki kerekatan kuat, dan kilap yang bagus. Untuk pilihan dari merek Kansai ini, kamu dapat mencoba Kansai Zinc Chromate Primer.

Nah, itulah beberapa cat dasar besi dari pelbagai merek yang dapat menjadi rekomendasi kamu dalam memilih cat. Jika masih kebingunan menentukan merek terbaik yang mana, kamu dapat berkonsultasi terlebih dahulu kepada tukang cat/orang mengetahui seluk-beluk mengecat pada medium besi. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "5 Merk Cat Dasar Besi yang Terbaik dan Tahan Lama"

Berlangganan via Email