Tips Memilih Ikan Segar Berkualitas dengan Cara Mudah

Iklan 728x90

Tips Memilih Ikan Segar Berkualitas dengan Cara Mudah

Ikan adalah salah satu jenis makanan paling sehat di bumi. Pasalnya, nutrisi penting bagi tubuh manusia, yakni protein dan vitamin D, terdapat pada ikan. Selain itu, ikan juga mengandung sumber asam lemak Omega-3 yang juga penting bagi tubuh dan otak manusia.

Karena itu, tak mengherankan jika orang-orang Jepang terutama yang tinggal di Okinawa berusia panjang dan bertubuh sehat. Rahasia usia panjang ini selain karena gaya hidup yang sehat, juga karena faktor konsumsi makanan yang salah satunya adalah makanan laut.

Ikan segar

Selain orang Okinawa, Jepang, negara tetangga kita, yakni Singapura, termasuk pengonsumsi ikan terbanyak. Menurut laporan GAIN (2017), masyarakat Singapura mengunsumsi 22 kilogram ikan dan makanan laut per orang per tahun. Sedangkan negara-negara lain di dunia hanya mengonsumsi sekitar 20 kilogram.

Namun untuk mendapatkan kualitas ikan yang layak konsumsi dengan kandungan sumber nutrisi yang terjaga, kamu harus jeli dalam memilih ketika membelinya. Soalnya, ada saja ikan yang kamu beli di pasar atau tukang ikan pangkalan kurang baik lantaran sudah lama disimpan atau hampir membusuk.

Jadi kamu harus lebih cermat dalam memilih ikan segar dan berkualitas dengan memperhatikan beberapa hal mendasar yang sudah dirangkum Zhinkadiary.com berikut ini.

1. Ikan segar berbau laut

Untuk mengetahui ciri ikan segar atau tidak, kamu bisa memeriksa baunya. Bau ikan yang segar seperti aroma laut atau lumpur. Sebaliknya, ikan yang beraroma tidak sedap, asam, atau amis yang tidak lazim, itu tandanya tidak layak dikonsumsi. Aroma-aroma yang mencurigakan ini adalah pertanda pertama bahwa ikan tersebut tidak lagi segar.

2. Ikan segar memiliki mata mengkilap

Jika kamu membeli ikan yang utuh, maka amatilah bagian matanya. Mata ikan harus cerah, mengkilap, menonjol, dan penuh. Pilihlah mata ikan yang memiliki selaput yang tipis dan jernih. Sebaliknya, hindarilah membeli ikan dengan mata yang cekung, kusam, berwarna keruh, atau hampir terlepas dari tulangnya karena menandakan ikan tersebut telah lama disimpan.

3. Ikan segar memiliki kulit dan sisik cerah

Sebelum memutuskan membeli ikan di pasar atau tukang ikan pangkalan, sebaiknya kamu perhatikan kulit dan sisiknya. Soalnya, semakin segar ikan tersebut, maka semakin cerah dan berwarna metalik kulitnya. Jangan pernah beli ikan yang mempunyai kulit kusam dan mudah terlepas.

Baca juga: Situs Web Jual Ikan Segar Hasil Tangkapan Nelayan Lokal

4. Ikan segar memiliki tubuh kenyal

Salah satu cara untuk mengecek kesegaran daging ikan adalah dengan cara menyentuh atau menekan perutnya. Ikan yang bagus mutunya jika ditekan perutnya akan kembali ke bentuk semula. Sebaliknya, mutu ikan yang buruk jika ditekan terasa lunak, tidak kenyal, licin, atau bahkan isi perutnya terburai keluar.

5. Ikan segar memiliki insang berwarna cerah

Saat membeli ikan, maka cek terlebih dulu bagian insangnya. Bukalah penutup insang. Jika insangnya bersih dan berwarna merah cerah maka ikan tersebut termasuk yang segar. Jadi semakin merah warna insang tersebut, kualitas ikan juga semakin baik. Sebaliknya, jika warna insang kusam dan berubah warna jadi cokelat, apalagi berlendir, hal ini mengindikasikan ikan tak segar lagi atau membusuk.

6. Ikan segar memiliki daging berwarna cerah

Ikan yang segar mempunyai ciri daging berwarna cerah, tidak kusam dan lunak. Kamu bisa memeriksa struktur daging untuk memastikan daging utuh dan tidak terkelupas atau pecah. Pastikan juga daging bersih, tidak berbau, atau berlendir.

Kesimpulan

Sebelum membeli ikan, perhatikan lagi tips-tips di atas terlebih dahulu. Jika ikan yang hendak kamu beli memenuhi standar ikan segar yang berkualitas, maka kamu bisa membelinya. Jangan sampai ketidaktahuan tentang cara memilih ikan yang segar atau tidak membuat kamu salah pilih sehingga merugikan diri kita sebagai konsumen. Jika artikel ini membantu, jangan lupa untuk share ke yang lain ya. Semoga membantu!
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post