Alhamdulilah 100 Artikel Pertama dari Zhinka Diary

Iklan 728x90

Alhamdulilah 100 Artikel Pertama dari Zhinka Diary

Sampai pada tulisan ini, saya ucapkan alhamdulilah karena artikel blog telah mencapai 100. Meski jumlah ini terbilang masih sedikit bagi seorang blogger, tetapi ini adalah pencapaian diri pribadi. Saya tidak pernah menyangka bakal terus menulis artikel yang semoga saja bermanfaat bagi pembaca di mana pun. Saya juga tidak menyangka mengapa saya terjun ke dalam dunia blogging!

Saya ingin sedikit bercerita: saya tak tahu apa yang menyebabkan saya kini menyibukkan diri dengan mengurus sebuah blog. Mungkin ada benarnya bahwa Adsense menjadi tujuan dari menuliskan blog. Tapi pada sisi lain, bagi sebuah blog kecil yang juga pakai hosting gratis pula, agak sulit memiliki mimpi besar gajian setiap bulan dari Adsense.

Zhinka Diary

Masih banyak jalan-jalan terjal yang harus dilewati seorang blogger. Jalan terjal inilah yang menentukan lulus atau tidaknya seorang blogger. Pasalnya, saya dengar banyak blogger yang berhenti menulis lantaran saldo dan pageview yang didapatkan selalu kecil. Inilah yang harus dihindari oleh seorang blogger pemula seperti saya ini.

Bahkan kalau sering dipikirkan yang ada hanya rasa pesimis. Rasa seperti itu memang sangat manusiawi, tetapi jika dibiarkan terlalu lama akan menjadi racun bagi diri sendiri. Untuk itu, saya akan tetap menulis, walaupun harapan untuk gajian dari Adsense masih jauh panggang dari api. Bahwa saya sadari: menjadi seorang blogger yang mendapatkan penghasilan bulanan itu bukan pekerjaan satu malam, melainkan pekerjaan puluhan, ratusan, atau bahkan ribuan malam.

Terdengar sangat muskil bagi blogger pemula untuk bersaing dengan para blogger yang memulainya lebih awal dan kini sudah menerima penghasilan yang besar dari ketekunannya. Namun tidak ada yang tidak mungkin. Semua hal berawal dari ketidakmungkinan. Kita memulai sesuatu dari ketidakmungkinan. Tidak ada sesuatu yang kita mulai berawal dari kepastian.

Itulah yang coba saya jadikan pedoman dalam menggarap blog Zhinkadiary.com ini. Mungkin yang perlu disadari bagi seorang blogger adalah bahwa tujuan membuat artikel tidak lain dari membantu pembaca menemukan informasi atau menemukan cara yang memudahkan kesehariannya. Saya pun menarik kesimpulan bahwa pertama-tama tujuan dari seorang blogger itu sangat mulia: “membantu”.

Saya berharap, semoga blog kecil ini dapat memberikan manfaat dan sumbangan yang besar bagi pembaca!
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post