9 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak

Iklan 728x90

9 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang terpopuler dan digunakan sebagai bahasa lintas negara di seluruh dunia. Karena itu, bahasa Inggris disebut juga sebagai bahasa global atau lingua franca. Pengguna bahasa Inggris sebagai bahasa pertama yang tersebar di seluruh dunia dipakai kurang lebih 350 juta orang dan terdapat 430 juta orang yang berbicara bahasa Inggris sebagai bahasa kedua.

Lantaran menjadi bahasa yang penting, bahasa Inggris juga menjadi bahasa yang digunakan dalam dunia bisnis internasional. Apalagi kini di tengah gencarnya perdagangan internasional, bahasa Inggris dipakai sebagai alat komunikasi di antara negara-negara yang tergabung di dalamnya.

Selain itu, juga ada banyak perusahaan besar multinasional yang menilai kemahiran bahasa Inggris seorang karyawan sebagai langkah untuk mendapat posisi strategis dalam perusahaan. Begitu pun jika kamu ingin menekuni bidang kedokteran atau sains, maka tidak dapat tidak harus mengacu pada bahasa Inggris. Pasalnya, sebagian besar istilah/terminologi dalam bidang ilmu pengetahuan tersebut berasal dari bahasa Inggris.

bahasa inggris

Segala perkembangan atau penemuan terbaru di dunia tentunya hanya bisa kamu baca dan temukan di jurnal dan laporan penelitian yang menggunakan bahasa Inggris. Sekalipun yang menulis adalah ilmuwan yang berada dari negara yang tidak berbahasa Inggris. Semakin kamu mahir dalam bahasa Inggris, maka semakin banyak peluang dan akses yang kamu peroleh.

Untuk itulah, kamu harus menguasai bahasa Inggris jika ingin bersaing dalam skala global. Ada banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk mempelajari bahasa Inggris. Salah satu caranya adalah belajar secara otodidak. Dalam artikel ini, ZhinkaDiary.com merangkum beberapa tips dari situs web fluentu.com yang bisa kamu terapkan untuk mempelajari bahasa Inggris secara lebih mudah dan enjoy!

1. Dengarkan lagu dan pelajari liriknya

Tampaknya semua orang di dunia suka musik. Tak terkecuali dirimu, bukan? Begitu pun dalam belajar bahasa Inggris, kamu bisa menggunakan lagu favorit berbahasa Inggris. Dengan memilih lagu yang kamu sukai, kamu tidak akan merasa jenuh untuk mempelajari bahasa Inggris. Contoh lagu-lagu populer berbahasa Inggris yang dibawakan oleh Ed Sheeran, seperti Thinking Out Loud, Shape of You, Photograph, dan The A Team. Lihat lagi daftar musik kamu, kira-kira lagu favorit kamu apa?

Setelah tahu mana lagu favoritmu, kamu bisa berlatih dengan lagu-lagu tersebut dan dapat didengarkan di mana pun dan kapan pun. Mengapa harus lagu populer? Karena lirik lagu bergenre musik rock atau rap sering kali kabur, bahkan terlalu cepat dan sulit didengar. Karena itu, pilihlah lagu populer karena bisa membantu kamu berlatih diksi dan pelafalan.

Untuk mulai mencobanya, kamu bisa mencari lagu di Youtube dan cari video atau audio musik populer yang kamu sukai. Dengarkan lagu tersebut berulang kali hingga kamu mengetahui lagu itu dengan lebih baik.

Kemudian, tugas kamu selanjutnya: carilah lirik lagu tersebut. Baca baik-baik liriknya dan nyanyilah bersama video musik yang kamu putar. Bergembiralah!

Setelah kamu mengetahui lirik lagu tersebut, barulah kamu bernyanyi sendiri tanpa diiringi musik atau bernyanyi versi karaoke dari lagu tersebut.

2. Menonton video berbahasa Inggris mengenai minat/hobi

Youtube adalah sumber belajar bahasa Inggris. Selain belajar bahasa Inggris menggunakan video musik, kamu pun bisa menonton video berdasarkan hobi atau minat. Cara demikian adalah latihan yang baik untuk meningkatkan komunikasi dan pemahaman bahasa Inggris, seperti menonton wawancara dan review terkait bidang yang kamu minati sehingga membuatmu terbiasa mendengar bahasa Inggris ragam percakapan.

Namun dalam menonton video, kamu tidak harus menonton wawancara yang formal. Misalkan kamu menyukai topik tentang kesusastraan, maka kamu bisa mencari video wawancara santai dengan pengarang favorit kamu tentang proses kreatifnya atau tips bagaimana menulis yang baik dan menghasilkan karya yang indah.

Nah, jika kamu menyukai film, kamu bisa menonton wawancara aktor atau aktris favoritmu. Misalnya, menonton wawancara film John Wick 3 dengan aktor tampan Keanu Reeves. Di sini kamu bisa mempelajari konten bahasa Inggris yang sebenarnya dalam percakapan tersebut. Setidaknya, melalui video-video wawancara tersebut, kamu dapat menggunakan subtitle sehingga dapat meningkatkan kosakata, pendengaran, pengucapan, dan kelancaran bahasa Inggris. Seru, bukan?

3. Menonton film dan acara TV berbahasa Inggris

Menonton film dan acara TV berbahasa Inggris dapat membantu kamu meningkatkan pemahaman dan pelafalan. Kamu bisa eksplorasi mengenai percakapan-percakapan bahasa Inggris dari beragam orang dalam situasi yang berbeda-beda. Semakin banyak film dan acara yang kamu tonton maka akan membantu kamu mempelajari terminologi slang yang umum digunakan, termasuk idiom dan frasa dalam bahasa Inggris. Dengan demikian, kosakata bahasa Inggrismu dapat meningkat seiring pengalamanmu menonton.

Apabila kamu mengalami kesulitan ketika menyimak percakapan para aktor, mungkin pada awalnya kamu bisa menggunakan subtitle. Setelah terbiasa dengan penggunaan kata-katanya, kamu harus mencoba menghapus subtitle dan menguji pemahaman bahasa Inggrismu secara mandiri. Selain itu, kamu juga dapat mempraktikkan cara tersebut sesering mungkin. Namun, jika kendalanya belum memahami dialog yang dibicarakan para aktor, carilah transkip film online, seperti di Internet Movie Script Database (IMSDb) yang banyak memiliki skrip film yang bisa kamu pilih. Kamu hanya perlu mengunjungi situs web www.imsdb.com.

4. Mengetes tata bahasa Inggris dengan kuis online

Di zaman sekarang, kuis online ada banyak sekali di Google. Termasuk kuis online bahasa Inggris. Jadi kamu bisa menggunakan kuis online untuk menguji kemampuan bahasa Inggrismu. Mungkin selama belajar otodidak, kamu ingin mengetahui sejauh mana pemahaman bahasa Inggrismu: apakah selama ini saya sudah benar atau belum dalam belajar bahasa Inggris?

Karena kamu belajar secara otodidak, maka kamu harus mengecek yang selama ini kamu pelajari. Anggap saja kuis online tersebut sebagai ujian. Adanya kuis online tersebut juga bisa menilai konstruksi kalimat, pemahaman, dan segi lainnya dalam bahasa Inggrismu. Kamu bisa saja membuat jadwal khusus untuk melakukan ujian online ini dalam mingguan atau bulanan. Beberapa situs web lokal menyediakan kuis online gratis, seperti di proprofs.com, wallstreetenglish.co.id, arealme.com, ef.co.id, dan lainnya.

5. Berbicara dengan teman secara online

Berbicara atau mengobrol dengan teman secara online merupakan cara yang paling efektif sekaligus menyenangkan dalam mempelajari bahasa Inggris. Tentunya cara ini berbeda dengan berbicara dengan guru, belajar di kelas, atau dalam situasi percakapan khusus, karena lebih santai dan penggunaan bahasanya cenderung mudah. Di zaman yang serba canggih ini, misalnya, kamu bisa memanfaatkan media sosial, seperti Facebook Messenger, WhatsApp, Telegram, Twitter, atau percakapan melalui Skype.

Percakapan adalah tips yang paling mujarab untuk belajar bahasa Inggris lantaran kamu langsung mempraktikkan apa yang sedang kamu pelajari. Lagi pula, dengan mengobrol santai, kamu akan terhindar dari stres. Lewat obrolan di Facebook Messenger, misalnya, sebelum mengirim pesan ke teman, kamu bisa mengoreksinya terlebih dahulu apakah tata bahasanya sudah tepat. Begitupun penggunaan media online seperti Skype secara langsung akan berpengaruh besar dalam latihan bahasa Inggris melalui percakapan.

6. Membaca e-book, artikel, dan majalah online

Belajar bahasa Inggris bisa dimulai dengan banyak menyimak percakapan dalam berbagai situasi. Dengan begitu, telinga kamu akan lebih mudah memahami diksi-diksi yang diucapkan. Selain itu, yang tak kalah pentingnya adalah membaca teks berbahasa Inggris. Pasalnya, membaca dan mendengarkan sama-sama mempertajam pikiran dan melatih kamu untuk berpikir menggunakan bahasa Inggris.

Oleh karena itu, penutur bahasa Inggris non-native kerap menerjemahkan bahasa tersebut dalam pikiran mereka sehingga memperlambat respons mereka. Tetapi jika pikiran kita terbiasa dilatih untuk berpikir dalam bahasa Inggris, maka akan lebih mudah untuk memahami dan berbicara dalam bahasa tersebut. Itu sebabnya, semakin banyak membaca, maka semakin banyak pola struktur kalimat, kosakata, dan percakapan formal/informal yang bisa kamu peroleh. Dengan kata lain, kamu akan mempunyai lebih banyak kalimat untuk dipilih ketika hendak berbicara bahasa Inggris.

Ingatlah bahwa Internet adalah harta karun tak terhingga untuk mencari e-book, artikel, atau majalah berbahasa Inggris. Kamu bisa mencari topik yang sesuai dengan minat atau hobi sehingga menjadi menarik untuk dibaca dan dipelajari. Kamu dapat membaca apa pun yang kamu inginkan dan mempelajari penggunaan kata lawas atau kata baru dalam bidang pengetahuan yang kamu tekuni.

7. Tulislah sesuatu yang kamu pikirkan

Setelah serangkaian usaha yang kamu lakukan dalam poin-poin di atas, selanjutnya adalah mempraktikkan apa yang sudah kamu pelajari secara otodidak tersebut. Cara yang terbaik untuk memulai adalah dengan menulis sesuatu yang kamu pikirkan. Kamu tidak harus menulis panjang lebar seperti sebuah artikel, tetapi mulailah membuat catatan pribadi atau membuat diari.

Dengan membuat diari dapat terlihat sejauh mana kamu mengetahui tata bahasa Inggris, termasuk kosakata dan pemahaman konteksnya. Setelah mencoba menulis, kamu dapat memeriksa pekerjaan jika ditemukan kesalahan. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk memeriksa kaidah tata bahasa Inggris, salah satunya dengan tool pemeriksa ejaan/tata bahasa yang ada dalam Internet, seperti Grammarly, PaperRater, Hemingway Editor, dan SlickWrite.

8. Bergabung dengan situs web atau komunitas bahasa Inggris

Ada baiknya kamu belajar bahasa Inggris dengan sesama pembelajar bahasa tersebut melalui situs web yang menyediakan secara khusus pertukaran bahasa asing itu. Kamu bisa bergabung dengan komunitas tersebut agar bisa berkomunikasi dengan orang yang belajar otodidak sepertimu. Cobalah situs web seperti Speaky yang bisa mempertemukan kamu dengan penutur asli bahasa Inggris. Selain itu, ada juga situs Coeffee yang menjadi tempat kamu belajar kosakata dan pelafalan bahasa Inggris online.

9. Belajar bahasa Inggris ke mana pun kamu pergi

Belajar bahasa Inggris tidak hanya kamu lakukan di rumah atau dengan orang yang kamu kenal. Namun jika kamu berada di negara yang menggunakan bahasa Inggris, ini adalah kesempatan emas untuk mengasah kemampuan berbahasa kamu. Manfaatkanlah kesempatan ini jika kamu berada di negara pengguna bahasa Inggris.

Setiap hari, kamu bisa mempersipakan apa yang hendak kamu lakukan, misalnya, mau pergi ke mal dan membeli barang-barang tertentu. Bahkan jika kamu tidak berada di negara yang menggunakan bahasa Inggris, selalu gunakan bahasa Inggris sebagai alat komunikasi agar semakin fasih. Intinya adalah melakukan komunikasi di mana pun dan kapan pun.

Kesimpulan

Itulah sembilan tips dalam mempelajari bahasa Inggris. Kesembilan metode ini adalah cara dalam mempelajari bahasa Inggris secara otodidak. Jadi, sebenarnya tidak harus les privat atau les di tempat-tempat yang berbiaya mahal agar bisa bahasa Inggris, melainkan kamu bisa mempelajari bahasa asing ini secara mandiri dan memanfaatkan apa yang ada sebagaimana dijelaskan dalam artikel ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil!
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post