Cara Blokir Email Spam di Gmail yang sering Mengganggu

Iklan 728x90

Cara Blokir Email Spam di Gmail yang sering Mengganggu

Ketika membuka e-mail dan mendapat surat masuk berupa spam tentunya hal itu akan sangat mengganggu. Apalagi email spam itu masuk berkali-kali ke inbox. Hal inilah yang kadang membuat kita terkecoh ketika membukanya.

Kehadiran e-mail memang sangat membantu kita dalam persuratan elektronik. Pesan yang kita kirim atau pesan yang kita terima bisa sampai dalam waktu yang singkat. Dengan demikian, surat-surat penting elektronik dapat kita kirim ke orang lain dalam sekejap. Semua pekerjaan kita jadi lebih mudah dilakukan.

Spam email

Layanan Gmail dari Google termasuk yang paling populer di dunia. Selain karena gratis, Gmail juga memiliki banyak sekali kegunaannya, salah satunya sebagai pintu masuk ke akun Adsense dan juga ke produk-produk Google lainnya.

ZhinkaDiary.com kali ini akan berbagi mengenai cara memblokir e-mail spam di Gmail.

1. Gunakan fitur blokir dan laporkan spam

blokir email

Meskipun Gmail yang kita gunakan gratis, layanan ini juga membantu pengguna untuk menjaga privasi dan mencegah terjadinya peretasan.

Gmail memang dilengkapi dengan beberapa tool yang berfungsi untuk melaporkan spam dan memblokir pengirim spam tersebut.

Baca juga: Cara Membaca, Mengirim, dan Membalas Gmail yang Benar

Cara melaporkan e-mail tertentu sebagai spam sangat mudah. Yang pertama kamu lakukan adalah membuka e-mail spam. Kemudian klik menu tiga titik yang terletak di bagian kanan seperti pada gambar. Lalu, carilah tombok "Laporkan spam".

Dengan mengklik tombol tersebut, secara otomatis "pesan spam" tersebut akan berpindah tempat ke folder spam.

Langkah berikutnya adalah kembali ke menu yang terdapat tiga titik tersebut kemudian klik tombol Blokir "Nama" pengirim tersebut. Cara ini dilakukan agar pengirim spam tersebut tidak bisa mengirimi kamu e-mail lagi.

2. Gunakan filter pesan


Ada cara lain yang bisa kamu pakai untuk menghindari kiriman spam yang mengganggu, yakni dengan menggunakan fitur filter pesan. Dengan fitur ini, kamu bisa menyortir pesan ke dalam folder yang telah tersedia.

Cara menggunakan fitur ini, kamu klik kembali tombol menu tiga titik seperti cara pertama. Kemudian klik bagian "Filter pesan seperti ini".


Seperti pada gambar di atas, kamu harus mengisi beberapa kolom yang ada untuk memfilter pesan. Kolom ini lebih spesifik karena kamu bisa menambahkan, seperti "subjek", "mengandung kata-kata", "tidak mengandung", "ukuran MB", dan pilihan "Memiliki lampiran", "Jangan sertakan chat".

Setelah semuanya sudah kamu tulis, klik "Buat Filter" untuk melanjutkan langkah berikutnya.
 
pesan gmail

Agar pesan yang tidak diinginkan masuk ke e-mail, kamu bisa menggunakan "Langkahi Kotak Masuk (Arsipkan)" untuk mencegah pesan masuk ke inbox utama Gmail.

3. Berhenti berlangganan

email

Terkadang pesan yang masuk bukan disebabkan oleh e-mail spam, melainkan dari pesan otomatis yang pernah kamu daftarkan menggunakan alamat e-mail.

Mungkin saja kamu pernah mendaftarkan alamat e-mail ke portal-portal berita atau marketplace. Semakin banyak kamu daftarkan alamat e-mail, maka pesan masuk yang kamu dapatkan juga makin bertumpuk.

Karena itu, ada kalanya kamu perlu memeriksa kembali e-mail langganan tersebut. Apakah masih suka kamu buka e-mailnya atau jarang-jarang atau bahkan tidak sama sekali.

Baca juga: Cara Membuat Email Yahoo Terbaru

Cara untuk menghentikan e-mail langganan tersebut cukup mudah. Kamu hanya perlu mengklik tombol "Berhenti berlangganan" seperti pada gambar di atas.

Dengan mencoba cara di atas setidaknya kamu sudah mengurangi jumlah e-mail spam atau e-mail yang sudah tidak kamu butuhkan. Di hari-hari mendatang kamu akan mendapatkan e-mail yang memang ditujukan untukmu dan kamu juga sedang menunggunya. Selamat mencoba!
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post