5 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga yang Mudah Dilakukan dan Menguntungkan

Iklan 728x90

5 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga yang Mudah Dilakukan dan Menguntungkan

Menjadi ibu rumah tangga bisa membuat kita jadi lebih kreatif dengan melakukan berbagai hal yang positif. Jadi jangan menjustifikasi bahwa ibu rumah tangga harus mengasuh anak dan berurusan dengan pekerjaan rumah saja.

Sebenarnya ada banyak hal yang bisa diperbuat ibu rumah tangga. Salah satunya adalah dengan membuka keran rezeki berupa usaha sampingan.

Meski suami sebagai tulang punggung keluarga bertugas mencari nafkah, alangkah bagusnya juga jika sang istri bisa “menghasilkan uang” tanpa meninggalkan tugasnya di rumah.

Tapi terkadang, ibu rumah tangga bingung harus memulai dari mana, bisnis seperti apa, dan bagaimana tidak mengganggu rutinitas kesehariannya.....

usaha sampingan ibu rumah tangga

Karena itu, artikel ini akan membantu kamu dalam mencari bisnis tambahan yang syukur-syukur bisa menambah pemasukan bulanan keluarga.

Apa mustahil? Jangan berpikir negatif terlebih dahulu. Banyak kok ibu-ibu yang sembari merawat anak, juga sambil berjualan.

Mungkin bagi seorang yang tak pernah berbisnis, perkataan “mustahil” lebih sering didengungkan. Untuk itu, setidaknya, kamu harus tahu model usaha apa sekiranya yang bisa dilakukan di rumah.

Toh, kan, setiap orang memiliki passion atau kecenderungan yang berbeda-beda. Nah, dari pelbagai macam usaha sampingan di bawah ini, bisa menjadi rujukan kamu nih untuk mencoba bidang apa yang paling cocok.....

1. Usaha warung

Usaha warung adalah jenis bisnis yang paling mungkin bisa dilakukan setiap orang.

Mengapa bisa?

Karena pada dasarnya membuka warung tidak harus dengan modal yang besar atau ruwet dalam mengelolanya.

Ada banyak contohnya kok di sekitar kita.....

Pernah kan melihat warung kecil di rumah-rumah warga? Biasanya mereka mencoba mengawali bisnis dengan menjual makanan dan minuman yang disukai anak kecil.

Tahu sendiri kan kalau anak kecil jika sudah ketagihan jajan bisa berulang kali bolak-balik. Bukankah ini menjadi keuntungan tersendiri bagi penjual?

Kalau sudah punya modal yang cukup, barulah kamu bisa mengembangkan sayap dengan cara menjual barang-barang kebutuhan harian orang dewasa. Kebutuhan harian ini sangat diperlukan, seperti sabun, sampo, minyak goren, telur, mie, dan sebagainya.

Tanpa harus meninggalkan rumah dan bisa menjaga anak adalah keunggulan dari bisnis warung yang dibuka di rumah.

2. Menjadi penjahit

Kamu punya keahlian menjahit? Nah, ini bisa jadi modal utama kamu dalam membuka usaha membuat pakaian di rumah.

Memang, tidak semua orang bisa menjahit. Tapi setiap orang bisa belajar menjahit melalui kursus.

Menjadi penjahit juga enak kok: kamu bisa bekerja di rumah sambil mengawasi anak.

Umumnya, jika orang sudah suka sama jahitan kita, maka ia akan kembali lagi atau jadi pelanggan tetap.

Cobalah terlebih dahulu dengan menjahitkan busana tetangga-tetangga. Pasalnya, kalau mereka puas dengan hasilnya, kita akan dipromosikan juga loh dari mulut ke mulut.

Selain itu, kamu juga bisa menjual hasil jahitan kamu di media sosial, sehingga tak terbatas hanya pada tetangga saja, melainkan pembeli dari berbagai wilayah.

menjahit
Sumber gambar: Pixabay/Foundry

3. Menjadi reseller

Menjadi reseller termasuk jenis bisnis yang banyak dilakoni ibu rumah tangga saat ini.

Kenapa? Karena bisnisnya mudah dan tidak mengeluarkan modal besar.

Kamu hanya perlu membeli barang-barang dengan harga grosir dan kemudian menjualnya ke pasaran dengan harga konsumen.

Apalagi kini sangat mudah sekali menjual barang secara online, terutama ketika berkembangnya media sosial yang menjadi bagian dari kehidupan orang-orang.

Kamua hanya tinggal mengunggah foto dan membuat deskripsi yang menarik agar orang lain bergerak untuk membelinya.

Jualan online yang paling ramai adalah Instagram. Dengan tampilan yang eye catching dan kekuatan #hastag, maka tak mustahil jika barang daganganmu bisa laku keras.

Setidaknya, di era teknologi ini, menjual apa saja jadi lebih mudah.....

4. Usaha katering

Usaha yang satu ini termasuk yang enggak ada matinya!

Katering bisa ditemukan di mana saja serta kapan pun dan di mana pun selalu dibutuhkan.

Dengan kata lain, kalau kamu memiliki hobi memasak, apalagi hasil masakanmu enak, kamu bisa membuka jasa katering.

Untuk mencobanya, kamu bisa terlebih dahulu menawari tetangga yang akan melaksanakan hajatan. Misalnya, pengajian mingguan.

Kalau berbagai makanan terlalu berat, kamu bisa mencoba satu jenis makanan dahulu. Buatlah makanan yang istimewa, sehingga menjadi pembicaraan orang-orang.Otomatis si tuan rumah akan bahagia dan jasa kateringmu juga semakin dikenal orang.

Seperti menjahit, katering yang enak juga akan sulit ditinggalkan pelanggan: pelangganmu tak akan bisa berpaling dari jasa kateringmu.

Bagaimana berminat mencobanya?

5. Jualan pulsa

Berjualan pulsa dan paket data termasuk mudah dilakukan. Kamua hanya perlu modal awal dan smartphone. Bisnis ini bisa kamu lakukan di mana saja dan kapan saja. Tak terikat denga waktu.

Asalkan jika ada orang yang hendak membeli, kamu harus langsung mengirimnya. Pelayanan yang cepat adalah senjata berjualan pulsa.

Lumayan kan kalau banyak pelanggan?

Nah, dari sejumlah usaha di atas, kira-kira mana yang lebih menarik dan bisa kam lakukan? Selamat mencoba!
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post