Mengatasi WiFi Windows 10 yang tiba-tiba Hilang

Iklan 728x90

Mengatasi WiFi Windows 10 yang tiba-tiba Hilang

Lagi asyik-asyik mengetik tiba-tiba WiFi di Windows 10 menghilang secara tiba-tiba. Apakah kamu pernah atau sedang mengalami hal tersebut? Tentunya sangat menjengkelkan, bukan? Bisa jadi, bukan hanya pekerjaan jadi terhambat, melainkan deadline yang ketat tidak bisa kita selesaikan tepat waktu.

Kalau kamu cari cara di Google, maka cara mengatasi WiFi yang hilang tersebut ada banyak tipsnya. Namun, artikel ini adalah pengalaman pribadi admin. Jadi berdasarkan pengalaman tersebut, mungkin ada perbedaan cara yang ditempuh dari orang lain.

Mengatasi WiFi Windows 10 yang tiba-tiba Hilang

Pasalnya, ketika admin ZhinkaDiary.com mencoba trik dari beberapa orang, ternyata gagal, alias enggak berefek apa-apa terhadap WiFi yang timbul-tenggalam tersebut. Setelah mencoba beberapa cara, akhirnya admin menemukan cara yang tepat untuk kasus ini.

Perlu diketahui bahwa Windows 10 ini sering kali menimbulkan masalah karena manajemen file produk ini tidak selancar produk-produk sebelumnya—meski di beberapa hal ada kelebihannya.

Spesifikasi laptop


Sebelum dijabarkan langkah-langkah mengatasi WiFi yang hilang tersebut, kamu perlu tahu spesifikasi laptop yang WiFi-nya error:

Edition: Windows 10 Pro
Version: 1803
Processor: AMD A9-9400 RADEON R5
RAM: 4 GB
System type: 64-bit operating system, x64-based processor

Tanpa sebab musabab, WiFi awalnya timbul tenggelam. Namun lama-kelamaan error alias mati total, sehingga sangat merepotkan. Agar WiFi muncul, laptop harus di Restart terlebih dahulu. Belum lagi, ketika melakukan pengunduhan/download akan selalu gagal akibat sinyal WiFi yang putus tiba-tiba tersebut.

Langkah-langkah memperbaiki WiFi yang hilang

Langkah-langkah Mengatasi WiFi Windows 10 yang tiba-tiba Hilang

  • Masuk ke Device Manager, lalu cari "Network Adapters", dan pilih "Qualcomm Atheros QCA9377 Wireless Network Adapter"
  • Klik kanan, kamu klik "Update driver"
  • Restart laptop kamu, tunggu hasilnya. Apabila belum ada perubahan lanjutkan langkah berikutnya
  • Jika belum ada perubahan, kamu klik "Uninstall device"
  • Tapi sebelum uninstall, kamu harus mencari driver yang kompatibel dengan laptop kamu. Misalnya, jika driver kamu seperti pada gambar, kamu bisa mencatat di notepad: "Qualcomm Atheros QCA9377 Wireless Network Adapter"
  • Kemudian data driver tersebut kamu pindahkan ke mesin telusur Google. Maka dari Lenovo sendiri akan menampilkan driver yang kompatibel dengan spesifikasi laptop kamu. Kamu klik saja
Qualcomm Atheros QCA9377 Wireless Network Adapter

  • Kamu tinggal pilih seperti pada gambar berdasarkan jenis driver yang terdapat di Device Manager sebelumnya. Kemudian klik download
  • Setelah selesai download, kamu klik drivernya
Driver wifi Lenovo

  • Lalu klik “Run
  • Kamu tinggal klik Next beberapa dan pilih "I accept the agreement" sampai instalasi drivernya "Finish"
  • Shut down/Restart laptop kamu dan nyalakan kembali. Hasilnya, Error/WiFi yang hilang tiba-tiba tidak akan ditemukan lagi. Selamat mencoba!
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post