Inspirasi Takjil Berbuka Puasa yang Kekinian

Iklan 728x90

Inspirasi Takjil Berbuka Puasa yang Kekinian

Takjil adalah jenis makanan yang sering kita dengar pada saat bulan Ramadhan. Apalagi umat Islam tahun ini akan segera melangsungkan ibadah suci puasa pada tanggal satu Ramadhan atau menurut kalender masehi jatuh pada tanggal 6 Mei 2019. Kata-kata takjil ini akan lebih sering kita dengar di mana pun dan kapan pun.

Dalam sebulan penuh ini, umat Islam akan melakukan puasa atau "shaum" dari waktu subuh hingga magrib. Di bulan yang suci ini, umat muslim harus belajar dan bisa menahan segala nafsu duniawi dan dianjurkan untuk memperbanyak ibadah.

Inspirasi Takjil Berbuka Puasa yang Kekinian

Setelah menjalani ibadah seharian, menjelang azan magrib biasanya banyak orang berburu takjil. Ya, takjil menjadi makanan primadona selama bulan Ramadhan. Karena itu, tak mengherankan ketika menjelang maghrib hampir di setiap pinggir atau sudut jalan banyak orang yang berjualan aneka macam takjil.

Tentunya, kamu juga pernah atau bahkan setiap sore berburu takjil, bukan? Ngomong-ngomong takjil apa yang sering kamu beli untuk berbuka puasa? Nah, di bawah ini, Zhinkadiary.com akan menyebutkan beragam inspirasi takjil berbuka puasa yang jadi tren atau kekinian yang wajib kamu cobain. Apa sajakah itu, yuk simak artikel berikut ini.

1. Silky Puyo Orange


Silky Puyo Orange
Sumber gambar: Cookpad/Wendah

Puyo merupakan jenis cemilan yang sedang populer. Hampir mirip dengan agar-agar, puyo lebih baik dinikmati untuk teman berbuka puasa. Apalagi setelah menahan lapar dan haus seharian, sangat dianjurkan kamu mengonsumsi makanan atau minuman yang ramah dengan perut. Nah, silky puyo orange ini cocok banget untuk menjadi takjil pembuka puasa.

Bagi kamu penderita maag, memang tak boleh mengonsumsi makanan yang padat, pedas, bersantan, atau terlalu kuat bumbunya. Carilah, jenis makanan takjil seperti poyo yang ramah untuk dikonsumsi.

2. Tahu isi


Tahu isi
Sumber gambar: Cookpad/Putri Kusmawati

Tahu ini adalah cemilan yang enggak ada matinya. Bahkan pada masa Ramadhan, penjualan cemilan ini selalu meningkat drastis. Penjual gorengan tahu banyak pula yang kewalahan karena permintaan yang naik selama bulan puasa. Apakah kamu termasuk penggemar gorengan tahu juga?

Tapi banyak jenis tahu isi yang perlu kamu ketahui. Kamu bisa mencarinya atau bahkan membuatnya sendiri di rumah. Kalau tidak ada yang menjual, kamu bisa bikin di rumah. Agar unik dan memiliki rasa yang khas, kamu bisa menambahkan isian dalam tahu dengan sosis atau bakso dengan keju. Hmm, gigitan pertama akan meleleh banget.

3. Lumpia Mi Sosis


Lumpia Mi Sosis
Sumber gambar: Cookpad/Agung Novianti

Kalau misalkan, waktu berbuka sudah mepet sehingga kamu tidak sempat untuk membeli takjil. Belum lagi kalau beli takjil pasti ngantri dan enggak keburu azan magrib, mending kamu bikin takjil yang satu ini: lumpia mi sosis.

Cara membuatnya sangat mudah. Tetapi sebelumnya kamu harus menyiapkan kulit lumpia di kulkas, sosis, dan telur. Tiga bahan dasar ini dapat kamu sulap menjadi gorengan lumpia yang enak, apalagi jika dicocol dengan saus.

Untuk itu, sebaiknya di kulkas kamu memang harus kamu persiapkan bahan-bahan untuk jenis makanan yang bisa kamu masak secara dadakan. Ini berguna ketika kamu tak sempat membeli takjil keluar rumah atau untuk menyiapkan makanan sahur ketika telat bangun pagi.

4. Lapis singkong nanas


Lapis singkong nanas
Sumber gambar: Cocokpad/Yeny Septrida Yanty

Lapis singkong nanas adalah takjil yang rasanya sangat nikmat. Nanas adalah buah yang bisa dibilang bisa membuat kue atau masakan jadi nikmat. Kali ini, kamu bisa mencoba lapis singkong yang menggunakan bahan dasar nanas.

Kalau tidak ada yang menjual, kamu bisa kok membuatnya sendiri di rumah. Yang perlu kamu siapkan adalah singkong, nanas, agar-agar plain, gula, garam, dan pewarna kuning telur, dan kelapa parut.

Takjil lapis singkong nanas ini tidak bisa dibuat secara mendadak seperti lumpia sebelumnya. Setidaknya sisakan rentang waktu beberapa jam untuk membuatnya. Rasanya tak usah diragukan lagi deh, campuran singkong dan nanas akan menciptakan tekstur yang lembut dan rasa manis yang akan membuat anggota keluarga jadi ketagihan!

5. Banana Spring Roll


Banana Spring Roll
Sumber gambar: Cocokpad/Bu Bro

Takjil banana spring roll termasuk jenis makanan pembuka puasa yang cukup populer. Makanan yang berbahan dasar pisang memang bisa ditemukan di mana-mana. Kamu pun pastinya dalam melakukan ibadah puasa Ramadhan tentu pernah atau mungkin sering mengonsumsi makanan berbahan pisang.
Banana spring roll ini menggunakan campuran bahan pisang kepok, kulit pangsit, dan coklat batangan yang ditim. Kalau di wilayah kamu tidak ada yang menjual, kamu bisa saja mencarinya lewat GrabFood atau GoFood. Atau kamu bisa membuatnya sendiri di rumah.

Untuk rasanya, kriuk-kriuk plus manis pisang kepok dan cokelat yang menggugah selera. Pasti kamu akan ketagihan takjil yang satu ini!

Nah, itulah lima macam inspirasi takjil berbuka puasa yang kekinian dan harus kamu cobain.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post