Pengertian Feedburner dan Kelebihannya

Iklan 728x90

Pengertian Feedburner dan Kelebihannya

Feedburner adalah layanan tambahan dalam blog yang berfungsi untuk melakukan manajemen terhadap publikasi artikel kepada pelanggan.

Contohnya, kamu memasukkan e-mail ke kotak subscribe/langganan artikel sebuah blog dan saat blog tersebut memposting artikel, maka secara otomatis kamu akan mendapatkan update artikel. Inilah pengertian sederhana tentang Feedburner.

Perlu diketahui bahwa Feedburner adalah salah satu tool gratis dari Google. Hampir sebagian besar blogger menggunakan tool ini untuk menghubungkan pembaca dengan artikel blog mereka.

Pengertian Feedburner dan Kelebihannya

Tool ini juga sangat memudahkan pengunjung untuk mendapatkan update artikel secara rutin sehingga mereka tidak ketinggalan informasi penting dari blog langganan mereka.

Apalagi untuk orang yang super sibuk, maka tentu tidak ada waktu membuka blog atau website. Karena itu, untuk tipe orang demikian lebih menyukai sesuatu yang cepat dan tidak membuang waktu.

Baca juga: Cara Mengatasi "The feed does not have subscriptions by email enabled" pada Feedburner

Pasalnya, dengan adanya notifikasi e-mail dengan layanan Feedburner, pertama, ia menghemat waktu untuk tidak perlu mengecek website untuk mencari update terbaru. Dan kedua, ia langsung mendapatkan berita atau informasi di saat itu juga setelah mendapatkan umpan balik artikel ke e-mailnya.

Teknologi yang terdapat di RSS (really simple syndication) membantu orang-orang yang berlangganan artikel untuk mendapatkan umpan balik. Umpan balik ini adalah postingan artikel yang diganti secara reguler.

Teknologi ini juga menjadi semacam wadah pengumpul yang serupa dengan kegunaan kotak surat pribadi. Jadi, Feedburner mengambil RSS feed reguler dari sebuah blog, lalu memberinya alamat baru, serta melacak siapa yang berlangganan di alamat tersebut, dan kemudian mengirimkan link artikel ke e-mail.

Demikianlah, ketika kamu berlangganan artikel di sebuah blog, maka kamu akan mendapatkan umpan balik yang berisi paragraf awal, judul, maupun cuplikan dari artikel yang mengarahkan kamu untuk mengklik link agar dapat membaca artikel seutuhnya.

Kelebihan Feedburner

Ada beberapa kelebihan ketika kamu menggunakan produk gratis Google yang satu ini. Yuk, simak baik-baik berikut ini:
  • Platform Feedburner sangat mudah dan sederhana. Pasalnya, layanan umpan balik ini tidak menggunakan dasbor khusus bagi pelanggan untuk masuk atau mengelola e-mail. Jadi, para pelanggan tinggal memasukkan alamat e-mail saja di kotak subscribe dan akan langsung mendapat notifikasi.
  • Umpan balik pada umumnya tanpa dilabeli "merek" produk tertentu atau bebas dari iklan komersial. Hal ini menandakan bahwa: (a) e-mail tersebut langsung dikirim dari publisher, bukan dari Feedburner, dan (b) tidak ada header Feedburner dalam e-mail dan hanya ada sedikit deskripsi Feedburner di bagian footer e-mail.
  • Publisher mempunyai akses alamat e-mail pelanggan dan mereka dapat mengekspor alamat e-mail untuk pindah dari Feedburner ke layanan umpan balik lain kapan saja. Selain itu, Pengguna bisa melihat traffic, termasuk juga melihat jumlah subscriber, dan lokasi domisili. 

Kesimpulan

Dengan demikian, jika kamu adalah seorang blogger, maka kamu disarankan menggunakan dan memanfaatkan Feedburner. Apalagi, platform yang kamu gunakan adalah blogger yang juga merupakan produk Google, maka gunakan saja Feedburner karena di samping tool ini gratis, juga ada banyak manfaat yang akan kamu dapatkan. Salah satu manfaat terbesar dari Feedburner adalah mendatangkan traffic dari para pelanggan blog kamu.

Jika kamu adalah seorang pembaca, maka kamu juga disarankan mendaftarkan alamat e-mail kamu ke kotak subscribe/kotak langganan artikel. Dengan begitu, kamu akan mudah mendapatkan kabar terhangat dari blog atau website langganan kamu.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post